Buruan Bagi LUlusan SMA/SMK/sederajat Daftar Universitas Pertahanan, Bebas Biaya dan Ikatan Dinas

Buruan Bagi LUlusan SMA/SMK/sederajat Daftar Universitas Pertahanan, Bebas Biaya dan Ikatan Dinas

Universitas Pertahanan (Unhan) RI membuka pendaftaran mahasiswa baru program Sarjana (S1) ajaran 2024/2025. --Foto : indonesia.go.id/UNHAN

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Universitas Pertahanan (Unhan) Republik Indonesia membuka pintu pendaftaran bagi calon mahasiswa baru untuk program Sarjana (S1) pada tahun ajaran 2024/2025.

Unhan menawarkan 12 program studi yang dapat dipilih oleh para calon mahasiswa, dengan keuntungan utama berupa pembebasan biaya pendidikan. Lulusan Unhan akan menerima tanda kepangkatan militer Letnan Dua.

Pendaftaran untuk program S1 di Unhan telah dibuka sejak tanggal 1 Februari 2024 dan akan ditutup pada tanggal 29 Februari 2024.

Calon mahasiswa yang memenuhi syarat dapat mendaftar, dengan ketentuan bahwa peserta yang memenuhi kriteria adalah siswa SMA/SMK/sederajat, seperti yang dikutip dari situs web Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unhan.

BACA JUGA:Pesona Wisata Alam yang Mendunia, Menyentuh Awan di Bukit Sekapuk

Perlu dicatat bahwa pendidikan di Unhan diberikan secara gratis dari jenjang D3 hingga S3 sampai mahasiswa menyelesaikan studinya. Selain itu, fasilitas asrama disediakan bagi mahasiswa D3 dan S1.

Keistimewaan ini diberikan karena Unhan adalah perguruan tinggi negeri yang berada di bawah naungan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Mahasiswa yang tinggal di asrama akan mendapatkan fasilitas tersebut selama masa perkuliahan mereka di Unhan. Selain itu, mereka diharapkan bersedia menjadi bagian dari komponen cadangan negara. Setiap lulusan Unhan akan memperoleh kepangkatan Letnan Dua, serupa dengan lulusan Akademi Militer TNI Angkatan Darat.

Perbedaannya, lulusan S1 Unhan akan meraih gelar sarjana dalam bidang ilmu pertahanan, sedangkan lulusan Akmil akan memiliki gelar sarjana terapan dalam pertahanan. Unhan menawarkan 12 program studi yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa, termasuk Kedokteran, Farmasi, Sejarah Militer, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Informatika, dan Teknik Hidrologi.

BACA JUGA:ASN Mulai Terseyum, Pemerintah Siapkan Pencairan THR dan Gaji ke-13

Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai persyaratan dan cara mendaftar di Unhan:

Persyaratan Umum S1:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA) baik laki-laki maupun perempuan.
  • Bersedia mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh Unhan.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Lulusan SMA/sederajat jurusan IPA atau SMK/sederajat lulusan tahun 2023/2024. Bagi lulusan sekolah luar negeri, harus menyertakan ijazah penyetaraan dari Kemendikbud.
  • Tidak pernah tinggal kelas di SMA/SMK/sederajat.
  • Diprioritaskan siswa 10 besar terbaik pada semester 5.
  • Memiliki nilai rata-rata rapor semester 1-5 minimal 80 dan 90 untuk pendaftar prodi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Farmasi Militer, Fakultas MIPA Militer, dan Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan (FSTP) harus memiliki nilai rapor minimal 80.

BACA JUGA:ASN SIap-siap! ini Penjabaran Rinci Rencana Pemindahan ASN ke IKN

  • Melampirkan hasil tes Intelligence Quotient (IQ) minimal 120.
  • Pendaftar laki-laki memiliki tinggi badan minimal 163 cm dan perempuan 157 cm dengan berat badan ideal.
  • Mampu mengoperasikan Microsoft Office dan internet.
  • Bersedia menandatangani surat perjanjian sebagai Kadet Mahasiswa, surat pernyataan bersedia menjadi Kader Intelektual Bela Negara, dan surat pernyataan sanggup mematuhi peraturan di Unhan.
  • Melampirkan surat persetujuan orang tua/wali.
  • Bersedia tinggal di asrama selama menempuh pendidikan.
  • Bersedia tidak menikah dan tidak hamil selama menempuh pendidikan.
  • Tidak menerima beasiswa dari instansi lain.
  • Setelah lulus S1, bersedia menandatangani ikatan dinas dan ditempatkan di mana saja sebagai prajurit TNI.

BACA JUGA:Berita Terbaru: Program Beasiswa Ahli Nuklir 2024/2025, Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indonesia.go.id