Jembatan Putus BPBD OKU Siagakan Perahu Mobilisasi Warga

Jembatan Putus BPBD OKU Siagakan Perahu Mobilisasi Warga

Jembatan gantung penghubung di Desa Karang Agung putus akibat luapan sungai -foto/Ari Pranika -PALTV

OKU, PALTV.CO.ID- Jembatan penghubung antara Desa Induk dengan dusun seberang di Desa Karang Agung Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten OKU pada Jumat (16/2/2024) putus. Putusnya jembatan gantung tersebut disebabkan luapan sungai Ogan setelah seharian diguyur hujan. 

Pada saat kejadian banyak warga terutama anak-anak yang terjatuh ke sungai pada saat seling Jembatan putus. Mereka pada saat kejadian melihat sungai Ogan yang tengah meluap, Tampa di sadari seling putus akibat Sambaran air dan membuat delapan orang terlempar ke sungai. Beruntung kedelapan orang tersebut berhasil menepi dan selamat. 

"Memang benar pada saat kejadian ada 8 orang anak yang tengah melihat sungai meluap terjatuh ke sungai. Namun semuanya berhasil selamat dan tidak ada korban jiwa," ujar Kelapa BPBD OKU Januar Efendi Senin (19/2/2024) saat meninjau jembatan yang putus bersama asisten 1 Setda Oku Indra Susanto.

Dikatakan Januar jembatan tersebut merupakan penghubung antara Desa Induk Karang Agung dengan Dusun seberang yang memiliki 30 Kepala keluarga. Selain itu jembatan tersebut merupakan sarana pertanian warga. 

BACA JUGA:Langkah Strategis Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Penyerahan SK Pembentukan Pokja Pengawasan Indikasi Geografis

Untuk sementara waktu agar aktivitas warga tidak terganggu sembari menunggu perbaikan jembatan BPBD OKU menyiagakan satu unit perahu fiber untuk memobilisasi warga dan anak-anak untuk sekolah. Karena jika tidak ada jembatan masyarakat harus memutar jauh untuk bisa sampai ke desa induk, sekitar 30 KM. 

"Agar anak-anak bisa sekolah dan aktivitas masyarakat tidak terganggu kita menyiagakan satu perahu fiber. Dengan harapan, aktivitas masyarakat tetap bisa berjalan," jelas Januar 

Sementara itu, asisten 1 Setda OKU Indra Susanto menambahkan dari hasil tinjauan ke lokasi jembatan pihaknya akan segara melakukan langkah konkret. Menurutnya sesuai instruksi PJ Bupati OKU Teddy Meilwansyah  Pemkab OKU akan memperbaiki jembatan secara darurat agar bisa dilewati warga sementara waktu. 


Jembatan gantung penghubung di Desa Karang Agung putus akibat luapan sungai -foto/Ari Pranika -PALTV

"Pak Bupati sudah menginstruksikan untuk dilakukan perbaikan jembatan secara darurat. Meskipun sifat nya darurat namun aman untuk dilewati," ujar Indra Susanto

Menurut Indra, Pemkab OKU juga telah menyiapkan rancangan untuk pembangunan jembatan permanen di desa tersebut. Karena jembatan tersebut dapat menghubungkan dengan beberapa desa yang ada di Kecamatan Baturaja Barat dan Sosoh Buay Rayap. 


Jembatan gantung penghubung di Desa Karang Agung putus akibat luapan sungai -foto/Ari Pranika -PALTV

"Hari ini kita meninjau lokasi jembatan sekaligus kita juga mengajak tenaga teknis untuk memperhitungkan pembangunan jembatan permanen. Jembatan tersebut nantinya dapat menghubungkan beberapa Dusun, Desa di Kecamatan Baturaja Barat dan Sosoh Buay Rayap," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: