Berapa Kilometer yang Bisa Ditempuh Mobil dengan 1 Liter Bahan Bakar?

Berapa Kilometer yang Bisa Ditempuh Mobil dengan 1 Liter Bahan Bakar?

Berapa Kilometer yang Bisa Ditempuh Mobil dengan 1 Liter Bahan Bakar?--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Banyak pemilik kendaraan bertanya-tanya, seberapa jauh mobil dapat pergi dengan hanya menggunakan 1 liter bensin? Pertanyaan semacam ini menjadi esensial karena membantu dalam mengelola pengeluaran bahan bakar dengan lebih efektif. 

Jadi, bagaimana sebenarnya cara menghitung jarak tempuh dengan 1 liter bensin dan apa saja tips untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar pada mobil Anda? Mari kita bahas lebih lanjut.

Begini cara Menghitung Jarak Tempuh kendaraan dengan bahan bakar 1 Liter Bensin

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghitung jarak tempuh dengan 1 liter bensin. Salah satunya adalah melalui fitur MID (Multi Information Display) yang terdapat pada panel instrumen kendaraan

BACA JUGA:Pemerintah Berencana Kembali Mengimpor 2 Juta Ton Beras dari Thailand

MID ini menampilkan informasi konsumsi bahan bakar rata-rata dan real-time. Konsumsi aktual dihitung oleh Electronic Control Unit (ECU) berdasarkan jumlah bensin yang disuplai oleh injektor.

Menurut Carmudi, angka konsumsi bahan bakar real-time selalu berfluktuasi tergantung pada kecepatan dan beban jalan. 


Berapa Kilometer yang Bisa Ditempuh Mobil dengan 1 Liter Bahan Bakar?--free pik.com

Sebagian besar mobil modern sudah dilengkapi dengan informasi konsumsi bahan bakar rata-rata dan real-time yang ditampilkan di layar MID.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan metode Full to Full. Metode ini juga untuk dapat mencatat total jarak tempuh yang telah ditempuh serta dapat membaginya dengan jumlah bahan bakar yang telah digunakan. 

BACA JUGA:Target 30.000 Jema’ah Ikuti Haul dan Ziarah Kubro Ulama dan Aulia Kota Palembang

Pertama-tama, Anda mengisi tangki bensin hingga penuh, kemudian setelah menempuh jarak tertentu, tangki bensin diisi kembali sampai penuh. 

Jumlah bensin yang diisi ulang dibandingkan dengan jarak tempuh aktual sejak pengisian pertama kali.

Menurut Lifepal, dengan mengukur jarak tempuh dari awal hingga akhir perjalanan dan mencatat berapa liter bahan bakar yang digunakan untuk mengisi tangki kembali, kita dapat menghitung efisiensi konsumsi bahan bakar menggunakan rumus sederhana:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber