Komponen Ban Mobil Terdapat Benjolan, Inilah 4 Hal yang Dapat Menjadi Penyebab Dari Kondisi Ban Mobil Benjol

Komponen Ban Mobil Terdapat Benjolan, Inilah 4 Hal yang Dapat Menjadi Penyebab Dari Kondisi Ban Mobil Benjol

Komponen Ban Mobil Terdapat Benjolan, Inilah 4 Hal yang Dapat Menjadi Penyebab Dari Kondisi Ban Mobil Benjol-wirestock-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Ban merupakan salah satu komponen penting bagi sebuah kendaraan termasuk mobil, tanpa adanya Ban sebuah mobil tentunya tidak dapat digerakkan.

Posisi ban mobil yang bekerja dengan bergesekan langsung pada permukaan jalan tentunya membuat komponen ini rentan mengalami masalah.

Salah satu masalah yang dapat dijumpai pada komponen ban mobil ini yaitu kondisi dimana ban mobil terdapat benjolan. Penyebab dari ban mobil benjol ini dapat terjadi karena putusnya benang ban sehingga tidak terdapat penahan pada sisi kiri dan sisi kanan ban mobil.

Pada saat ban diisi dengan udara maka tekanan tersebut akan menekan karet bagian samping dan akhirnya muncul akan benjolan. Kondisi ban mobil benjol berasal dari tekanan udara yang kurang atau berlebih kemudian ban mobil menghantam benda keras, seperti trotoar atau batu sehingga akan menimbulkan lubang bekas hantaman.

BACA JUGA:Unggul Dalam Urusan Kamera? Inilah 6 Keunggulan Huawei P50 Pro yang Merupakan Smartphone Flagship Huawei!

Bagian tersebut akan membuat dinding ban menjadi tertekuk dan tergencet di antara velg dan permukaan jalanan. Hal ini akan berdampak pada benang baja pada ban mobil menjadi putus sehingga akan terdapat benjolan yang muncul.

Jika dilihat dari proses terjadinya ban mobil benjol ini, sebenarnya terdapat beberapa penyebab yang perlu diwaspadai oleh para pengemudi.

Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dari kondisi ban mobil benjol yang tentunya akan mengganggu kenyamanan dan keselamatan saat mengemudi di perjalanan.

Terjadinya Kerusakan Pada Suspensi Mobil

Kerusakan pada suspensi mobil dapat menjadi penyebab dari kondisi ban mobil benjol. Komponen yang mempunyai fungsi untuk dapat meredam getaran mobil ini saat melewati jalanan yang tidak rata tentunya dapat mengalami kerusakan.

Kerusakan yang dialami ini dapat membuat mobil menjadi terasa sangat keras pada saat digunakan. Hal ini dapat mempengaruhi bantingan roda mobil yang juga akan menjadi semakin keras, perlu diingat bahwa benda keras dan tumpul dapat merusak benang pada ban mobil.


Komponen Ban Mobil Terdapat Benjolan, Inilah 4 Hal yang Dapat Menjadi Penyebab Dari Kondisi Ban Mobil Benjol-freepik-freepik

Saat suspensi mengalami kerusakan itu artinya ban mobil akan bekerja dengan lebih keras khususnya ketika terkena trotoar atau batu yang tajam.

Jika komponen suspensi yang rusak terus dibiarkan begitu saja tanpa dilakukan perbaikan atau penggantian, maka risiko terjadinya ban mobil benjol akan sangat tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber