Tips dan Cara Menyalip dengan Mobil Matic yang Aman

Tips dan Cara Menyalip dengan Mobil Matic yang Aman

Tips dan Cara Menyalip dengan Mobil Matic yang Aman--freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Menyalip kendaraan di jalan raya adalah situasi yang biasa dihadapi oleh para pengemudi. Terkadang, saat kendaraan di depan kita melaju dengan kecepatan yang lebih lambat, kita merasa perlu untuk menyalipnya agar perjalanan kita bisa berlangsung lebih lancar.

Namun, menyalip kendaraan bukanlah hal yang bisa dilakukan secara sembarangan. Terlebi di ruas jalan yang belum kita pahami liku kanan kiri turun dan menanjak. Pengalaman menyalippun perlu paham terhadap rutinitas jalan yang dilalui.

Bagaimana kita agar dapat menyalip dengan aman ketika menggunakan mobil matic?.

1. Memastikan Performa Mobil yang Baik

BACA JUGA:Ini Pilihan Cafe di Palembang yang Asik untuk Hangout dan Santai

Sebagai pengemudi, langkah pertama sebelum menyalip kendaraan adalah memastikan bahwa mobil dalam kondisi baik.

Kecepatan mobil bisa terpengaruh secara signifikan jika muatan melebihi kapasitasnya. Dalam situasi menyalip, performa mobil yang baik menjadi krusial untuk memastikan keselamatan.

2. Periksa Kondisi Sekitar Jalan dengan Teliti

Selain memperhatikan kondisi kendaraan di depan, penting juga untuk memeriksa kondisi sekitar jalan sebelum melakukan manuver menyalip.

Meskipun tidak ada kendaraan di belakang, bukan berarti kita bisa menyalip dengan aman. Saat cuaca buruk atau jarak pandang terbatas, sebaiknya hindari menyalip untuk mengurangi risiko kecelakaan.

BACA JUGA:Tabrak lari, Driver ojek dan penumpangnya Meninggal dalam Kecelakaan Tragis

3. Gunakan Kaca Spion dengan Bijak

Kaca spion menjadi alat yang penting saat hendak menyalip kendaraan. Periksa secara berkala melalui kaca spion, terutama pada titik blindspot yang sulit terdeteksi.

4. Memberi Sinyal dengan Lampu Sein

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber