Sederet Pemain Naturalisasi Timnas Ikut Andil Dalam Pemilu 2024

Sederet Pemain Naturalisasi Timnas Ikut Andil Dalam Pemilu 2024

Sederet Pemain Naturalisasi Timnas Ikut Andil Dalam Pemilu 2024--Foto : Instagram/@komentarsepakbola

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pilpres dan Pemilu 2024 tinggal hitungan hari. Tanggal 14 Februari 2024, warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki hak suara akan datang ke TPS untuk mencoblos partai, caleg dan capres-cawapres pilihannya.

Sesuai dengan aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU), WNI yang sudah genap berusia 17 tahun atau lebih, sudah kawin atau pernah kawin memiliki hak untuk nyoblos di Pemilu dan Pilpres 2024.

Selain itu, sesuai dengan PKPU Nomor 7 tahun 2022, ada sejumlah syarat untuk bisa mendapatkan hak suara di Pemilu 2024. Salah satunya tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

Lalu, berdomisili di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dibuktikan dengan KTP-el atau berdomisili di luar negeri yang dibuktikan dengan KTP-el, Paspor dan/atau Surat Perjalanan Laksana Paspor.

BACA JUGA:Antusiasme Penyandang Disabilitas dalam Menggunakan Hak Pilih pada Pemilu 2024


Riko_Pemain Naturalisasi Ilija Spasojevic ikut nyoblos --Foto : - Instagram@komentarsepakbola

Nah jika berkaca kepada aturan di PKPU Nomor 7 tahun 2022, sejumlah pemain Timnas Indonesia dengan status naturalisasi memiliki hak juga untuk mencoblos di Pemilu dan Pilpres 2024.

Pemain seperti Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick dan Justin Hubner sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia alias WNI.

Jordi Amat dan Sandy Walsh yang resmi menjadi WNI pada 2022 lalu seperti dikutip dari laman resmi Dukcapil Kemendagri pada 17 November 2022 telah dibuatkan KTP elektronik.

Dilansir dari laman suara.com. "Di hari yang sama, kedua anggota Squad Merah Putih itu mendatangi kantor Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri untuk dibuatkan KTP elektronik sekaligus merekam data biometriknya," bunyi informasi yang disampaikan pihak Dukcapil Kemendagri.

BACA JUGA:Media Luar Soroti Pemilu RI jadi Topik Utama, Hingga Prabowo Unggul Dalam Hitung Cepat (Quick Count)

Elkan Baggott yang terlebih dahulu menjadi WNI pada 2021 pun diketahui sudah memiliki KTP elektronik. Beberapa waktu lalu sempat beredar foto KTP Elkan saat ia resmi menjadi WNI.

Terkait hal tersebut, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrullah pada 9 November 2021 membenarkan pihaknya telah memberikan KTP elektronik kepada Elkan.

Di Desember 2023, Justin Hubner yang resmi menjadi WNI pun sudah mendapatkan KTP elektronik. Hal sama juga didapat oleh Ivar Jenner dan Rafael Struick yang pada Mei 2023 resmi menjadi WNI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber