Fitur-Fitur Mitsubishi Xpander Hybrid Menawarkan Efisiensi Konsumsi Bahan Bakar yang Lebih Baik

Fitur-Fitur Mitsubishi Xpander Hybrid Menawarkan Efisiensi Konsumsi Bahan Bakar yang Lebih Baik

Xpander dapat dianggap sebagai pionir dalam penggunaan sistem HEV pada kategori Low Multi Purpose Vehicle (LMPV).--Foto : ig@autotivo

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mitsubishi Xpander HEV, singkatan dari Xpander hybrid, telah secara resmi diluncurkan di Thailand. Di pasar otomotif Mobil ini tentu memiliki spesifikasi yang berbeda dengan model konvensional yang menggunakan mesin bensin. 

 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai detailnya, mari kita simak pembahasannya secara mendalam karena kemungkinan besar mobil ini juga akan tersedia untuk konsumen di Indonesia dalam waktu dekat.

 

Hybrid Electric Vehicle (HEV) merupakan salah satu bentuk dari sistem elektrifikasi yang digunakan dalam kendaraan bermotor. 

 

Prinsip dasar dari HEV adalah menggabungkan penggunaan mesin pembakaran dalam dan motor listrik untuk menghasilkan gerakan pada mobil.

 

BACA JUGA:Sistem Mitsubishi Xpander Hybrid Melampaui Batas dengan Baterai 1,1 kWh dan Transmisi e-CVT

 

Xpander dapat dianggap sebagai pionir dalam penggunaan sistem HEV pada kategori Low Multi Purpose Vehicle (LMPV).

 

Sistem yang digunakan pada Xpander ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dan lebih canggih jika dibandingkan dengan model lain seperti Suzuki Ertiga atau XL7 yang hanya menggunakan teknologi mild hybrid.

 

 

Varian dan Harga Mitsubishi Xpander Hybrid

 

Meskipun Xpander hybrid pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2017, Thailand menjadi negara pertama yang menjualnya. 

 

BACA JUGA:Tampilan Menarik dan Punya Daya Pikat, Inilah 11 Langkah Perawatan Interior Mitsubishi Xpander

 

Hal ini disebabkan oleh regulasi pemerintah Thailand yang sangat mendukung penjualan mobil hybrid. Selain Xpander, Xpander Cross juga tersedia dalam varian hybrid di Thailand.

 

Harga Xpander hybrid di Thailand adalah sekitar 933 ribu baht atau sekitar Rp414,2 jutaan, sedangkan Xpander Cross hybrid dibanderol sekitar 961 ribu baht atau Rp426,6 jutaan. 

 

Meskipun harganya lebih tinggi dibandingkan dengan model bensin biasa, perbedaannya tidak terlalu signifikan.

 

BACA JUGA: Mitsubishi Expander: MPV Rasa SUV Yang Tawarkan Harga Kompetitif di Tahun 2024

 

 

 

Spesifikasi Mesin Xpander Hybrid 2024

 

Sebelum diluncurkan secara resmi pada awal Februari 2024, banyak pihak yang penasaran dengan spesifikasi mesin yang digunakan dalam Xpander hybrid.

 

Akhirnya, diketahui bahwa Xpander hybrid menggunakan mesin yang berbeda dengan model bensin biasa. 

 

Mitsubishi menjelaskan bahwa Xpander hybrid dilengkapi dengan mesin 1.600 cc DOHC MIVEC yang didukung oleh motor listrik dan baterai lithium.

 

BACA JUGA:Simak sebelum membeli! Keunggulan Mitsubishi Expander Cross tangguh di segala medan

 

Meskipun kapasitas mesinnya lebih besar, konsumsi bahan bakar Xpander hybrid terbilang lebih efisien. 

 

Hal ini dikarenakan penggunaan siklus Atkinson Cycle pada mesinnya dan penggunaan motor listrik sebagai generator untuk mengisi ulang baterai. 

 

Saat berjalan pada kecepatan rendah, mobil hanya menggunakan tenaga dari motor listrik seperti mobil listrik pada umumnya.

 

Mode hybrid akan aktif ketika mobil berakselerasi atau melalui tanjakan. Dalam mode ini, baik motor listrik maupun mesin bensin bekerja sama-sama untuk menggerakkan roda. 

 

BACA JUGA:XFORCE: Mobil SUV Pilihan Gaya Hidup Urban, Muncul Setelah Expander Sukses

 

Sistem hybrid Xpander juga dapat mengonversi energi kinetik saat melakukan pengereman menjadi energi listrik yang disimpan kembali dalam baterai.

 

Mitsubishi menamai sistem hybrid pada Xpander dengan nama e:Motion. Terdapat dua mode berkendara yang tersedia untuk mendukung sistem hybrid ini, yaitu EV Priority dan Charge. 

 

Dengan kehadiran dua mode ini, Xpander hybrid memiliki total lima mode berkendara yang dapat disesuaikan dengan kondisi jalan, termasuk Normal, Tarmac, Gravel, Mud, dan Wet.

 

Menurut data yang diberikan oleh Mitsubishi, Xpander hybrid memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien sekitar 10 persen dibandingkan dengan model bensin biasa.

 

BACA JUGA:Truk tangguh Mitsubishi Colt FE SHDX, Varian Terbaru dengan Performa Handal, Ternyata Segini Harganya

 

 

 

Eksterior Xpander Hybrid

 

Meskipun menggunakan basis yang sama dengan model bensinnya, Xpander hybrid memiliki tampilan eksterior yang sedikit berbeda. 

 

Bagian depan mobil tetap mempertahankan desain Dynamic Shield dengan tambahan lampu T-shaped. Emblem khusus seperti HEV pada gril depan dan HYBRID EV di dekat pintu depan menandakan bahwa ini adalah model hybrid.

 

Tambahannya, Xpander hybrid juga memiliki aksen berwarna biru pada body kit dan pelek. Mitsubishi juga menyediakan pilihan warna eksterior baru, yaitu White Diamond yang dirancang khusus untuk model hybrid ini. 

 

BACA JUGA:Tampilan Menarik dan Punya Daya Pikat, Inilah 11 Langkah Perawatan Interior Mitsubishi Xpander

 

Selain itu, warna lain yang tersedia di Thailand adalah Blade Silver Metallic, Graphite Gray Metallic, dan Jet Black Mica. Sementara Xpander Cross hybrid memiliki pilihan warna baru, yaitu Green Bronze Metallic.

 

Untuk sektor kaki-kaki, Xpander hybrid menggunakan roda berukuran 17 inci. Mitsubishi menyatakan bahwa Xpander hybrid memiliki pengaturan suspensi yang disesuaikan untuk memberikan keseimbangan antara kenyamanan dan performa yang lebih baik.

 

 

Interior Kabin dengan Peredaman Suara yang Lebih Baik

 

Penggunaan sistem HEV pada Xpander diyakini akan meningkatkan kenyamanan penumpang di dalam kabin. 

 

BACA JUGA: Mitsubishi Expander: MPV Rasa SUV Yang Tawarkan Harga Kompetitif di Tahun 2024

 

Hal ini disebabkan karena pada beberapa situasi, mobil akan berjalan hanya dengan tenaga dari motor listriknya, sehingga menghasilkan suara yang lebih tenang.

 

Mitsubishi juga meningkatkan peredaman suara di dalam kabin Xpander hybrid dengan menambahkan material peredam suara. Untuk diketahui, baterai lithium-ion pada Xpander Cross disimpan di bawah jok depan. 

 

Oleh karena itu, Mitsubishi melakukan beberapa penyesuaian pada lantai kendaraan untuk menampung baterai tersebut.

 

Fitur-fitur yang tersedia di dalam kabin meliputi head unit 9 inci yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto, AC digital dengan filtrasi udara, lingkar setir berbalut kulit, panel instrumen digital 8 inci, dan tuas transmisi electric shift.

 

BACA JUGA:Simak sebelum membeli! Keunggulan Mitsubishi Expander Cross tangguh di segala medan

 

Selain itu, pengemudi juga akan dimanjakan dengan sejumlah fitur keselamatan aktif seperti active yaw control, hill start assist, stability control, traction control, dan lainnya. 

 

Kapasitas penumpang Xpander hybrid tetap sama dengan konfigurasi jok 7 penumpang. Dari gambar-gambar yang tersedia, terlihat bahwa Xpander hybrid menggunakan bahan pembungkus interior berwarna hitam.

 

Setelah sekian lama menjadi rumor, akhirnya Xpander hybrid resmi hadir di pasar. Meskipun peluncurannya lebih dulu dilakukan di Thailand daripada di Indonesia, hal ini dapat dimengerti karena peraturan pemerintah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber