8 Pernak Pernik Imlek Ini Melambangkan Keberuntungan

8 Pernak Pernik Imlek Ini Melambangkan Keberuntungan

Pernak Pernik Imlek Ini Melambangkan Keberuntungan, Lampion Merah --Foto : freepik.com/@wirestock

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Tahun Baru Imlek merupakan hari libur bagi masyarakat Tionghoa. Seperti upacara peringatan lainnya, banyak tradisi dan kepercayaan berbeda yang dipraktikkan.

Tahun Baru Imlek juga diasosiasikan dengan warna merah. Hal ini terlihat dari segala hal mulai dari pakaian hingga dekorasi yang dipajang di rumah saat Tahun Baru Imlek.

Menariknya, barang dan dekorasi tersebut tidak ditempatkan begitu saja. Namun, ia juga memiliki cara untuk menunjukkan harapan dalam hidup.

Ini termasuk menggunakan warna merah untuk mencocokkan api. Menurut situs Lingoace, warna merah melambangkan keberuntungan dan kebahagiaan. Untuk itu, kali ini akan mengulas berbagai dekorasi Imlek yang bisa dilihat saat perayaan tersebut. 

BACA JUGA:Intip 8 Tradisi Imlek di Berbagai Negara yang Unik dan Beragam

 

Membahas sejumlah pernak pernik Imlek yang dapat Anda temukan selama perayaan. Berikut pembahasannya.

1. Lampion Merah

Dekorasi tahun baru yang tak boleh dilewatkan adalah lampion berwarna merah. Barang-barang ini dipakai selama festival keagamaan Tiongkok seperti Festival Lentera atau Festival Pertengahan Musim Gugur. 

Umumnya lampion digantung di pohon, pintu rumah dan tempat lain di dalam rumah. Diketahui bahwa menggantung lampion diyakini  konon bisa mencegah kecelakaan. Orami juga mengatakan bahwa lilin dipercaya dapat mengusir roh jahat dan suara keras. Oleh karena itu, lampu ditempatkan di depan rumah.

BACA JUGA:Tradisi Tuk Panjang: Merayakan Toleransi dan Budaya Semarang di Tahun Baru Imlek

 

2. Hiasan Nanas

Hiasan Imlek selanjutnya adalah hiasan nanas yang digantung di dinding. Nanas dipercaya membawa keberuntungan saat Tahun Baru Imlek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber