Apa Yang Dimaksud Isra Miraj? Ini Pengertian, Hikmah, Tujuan dan Ayatnya

Apa Yang Dimaksud Isra Miraj? Ini Pengertian, Hikmah, Tujuan dan Ayatnya

Apa Yang Dimaksud Isra Miraj? Ini Pengertian, Hikmah, Tujuan, dan Ayatnya--Unsplash.com@Saham GR

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Isra Miraj merupakan salah satu konsep terpenting dalam ajaran Islam. Melalui peristiwa tersebut Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa dan naik ke Surga Ketujuh pada malam hari.

Sangat sulit bagi pikiran untuk memahami bagaimana Rasulullah mampu menyelesaikan perjalanan dalam waktu yang begitu singkat dalam perjalanan yang begitu jauh dan dalam waktu yang tidak menentu seperti saat ini. 

Namun pelaksanaan Isra Miraj merupakan mukjizat Nabi SAW dan wajib diyakini seluruh umat Islam.Tapi apa arti Isra Miraj? Apakah kedua kata ini memiliki arti yang sama?.

Dalam bahasa Arab, Isra Miraj ditulis al-'Isra' wal-Mi'raj (الإسراى والمعراج). Kata itu terdiri dari dua kata: isra' dan mi'raj. Kedua metode ini berbeda.

Kata "isra" berasal dari kata sara yang berarti "jalan malam". Saat ini, mi'raj berarti "kendaraan", "tim pendakian" dan "pendaki" dalam bahasa Arab. Bentuk jamaknya adalah ma'arij yang berarti "tempat pendakian".

BACA JUGA:Karburator Motor Nembak? Inilah 5 Cara Dalam Mengatasi Karburator Pada Sepeda Motor yang Tiba-Tiba Nembak!

Peristiwa Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan Julijanto (2015) dalam Pembelajaran Yunita (2021) menjelaskan bahwa isra' adalah keberangkatan Nabi SAW dari masjid Haram menuju Aqsha oleh Tuhannya pada suatu malam. Pekerja Saat ini mi'raj adalah perjalanan Nabi SAW dari Masjidil Aqsa menuju Sidaratul Muntaha dan terakhir Mustawa menuju surga ketujuh.

Ada lagi syarat Isra Miraj yang perlu diketahui Detiker. Diantaranya adalah:

1. Hikmah Isra (1994) 'Mi'raj Nabi besar Muhammad SAW

Isra' menurut bahasa Arab artinya perjalanan malam yang panjang dan kembali dengan selamat ke tempat asal. Sesuai dengan perkataannya, Isra berarti perjalanan Nabi SAW dari Masjidil Haram (Mekkah) menuju Masjidil Aqsa (Palestina) pada malam hari.

Menurut bahasa Arab Mi'raj berarti pendakian, dan dalam kata mi'raj adalah perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidil Aqsa di tujuh langit menuju Arsy Tuhan.

2. Masjidil Aqsha (Pusat Nabi dan Awal Mi'raj Rasul)

Isra' adalah acara yang diselenggarakan Nabi Muhammad SAW dari kota Makkah hingga Baitul Maqdis (Masjid Haram hingga Masjid Aqsha). Sesuai dengan namanya “Al-Qur’an Surat Al-Isra” merupakan masjid kuno.


Apa Yang Dimaksud Isra Miraj? Ini Pengertian, Hikmah, Tujuan, dan Ayatnya--Unsplash.com@Abdullah Öğük

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber