Kue Lapis Tenun, Ide Kreasi Cantik dengan Nuansa Tradisional

Kue Lapis Tenun, Ide Kreasi Cantik dengan Nuansa Tradisional

Kue Lapis Tenun, Ide Kreasi Cantik dengan Nuansa Tradisional--instagram.com/@aseyoriz

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Tenun, sebagai warisan kain tradisional Indonesia, kini tak hanya hadir dalam bentuk kain, tetapi juga menjadi inspirasi untuk kreasi kue lapis yang cantik dan kreatif. 

Kue lapis tenun ini menggunakan lima warna, dengan hijau sebagai warna bingkai, putih untuk lapisan dasar, serta ungu, merah, dan orange untuk motif tenun yang menawan.

Kue Tenun merupakan keindahan kue yang dikukus ini terlihat dari penggunaan warna-warna yang cerah dan seimbang. Tak hanya memukau mata, kue ini juga dapat disajikan tanpa perlu modal besar. 

Hanya saja dalam pembuatan kue ini memerlukan tingkat kesabaran, untuk mendapatkan kue yang cantik sesuai keinginan. Terutama kesabaran dalam menuangkan adonan, sehingga tidak tercampur dan membuat pewarnaan tidak sempurna.

BACA JUGA:Antisipasi Kerusuhan Saat Pemilu, Yonzipur 2/SG Menggelar Latihan PHH

Proses pembuatannya memakan waktu kurang lebih tiga jam. Motif tenun yang diaplikasikan pada kue ini menjadi tren baru yang menarik perhatian. 

Bahkan, kamu bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis dengan menjualnya. 

Resep Kue Lapis Tenun

Bahan: 500 gram tepung sagu, 500 gram tepung beras, 600 gram gula pasir, 2 sendok teh garam, 1/4 sendok teh vanili bubuk, 2200 ml santan, 5 lembar daun pandan, 100 ml air daun suji, Pewarna makanan merah, ungu, orange.

BACA JUGA:Warga Padi Jaya Plaju Darat Digegerkan dengan Penemuan Sesosok Mayat Pria Paruh Baya Terlentang di Rawa-rawa

Cara Membuat:

Rebus santan dengan api sedang, tambahkan garam, dan daun pandan yang diikat simpul. Setelah mendidih, matikan api dan dinginkan.

Campur tepung sagu, tepung beras, gula pasir, dan vanili bubuk. Tuangkan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan rata dan tidak ada yang menggumpal.

Saring adonan untuk mendapatkan tekstur yang halus. Bagi adonan menjadi lima bagian, masing-masing untuk bingkai (hijau) dan motif (ungu, merah, orange).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber