Panduan Bijak Berkendara Motor Saat Hujan Deras untuk Keamanan Tanpa Kecelakaan!

Panduan Bijak Berkendara Motor Saat Hujan Deras untuk Keamanan Tanpa Kecelakaan!

Panduan Bijak Berkendara Motor Saat Hujan Deras untuk Keamanan Tanpa Kecelakaan!--foto: [email protected]

4. Kurangi Kecepatan dan Jarak dengan Kendaraan Lain

Ketika hujan deras, visibilitas dapat sangat menurun. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengurangi kecepatan berkendara dan mempertahankan jarak yang cukup dengan kendaraan di depan Anda. Hal ini memberi Anda lebih banyak waktu untuk bereaksi jika terjadi sesuatu di jalan.

5. Gunakan Lampu dan Klakson dengan Bijak

Selalu hidupkan lampu kendaraan Anda saat berkendara di hujan, bahkan jika masih siang. Ini membantu meningkatkan visibilitas Anda dan memperingatkan pengendara lain mengenai keberadaan Anda. Klakson juga bisa menjadi alat yang efektif untuk memberikan tanda kepada pengendara lain.

6. Hindari Genangan Air Besar

Genangan air di jalan bisa menjadi bahaya, terutama jika Anda tidak tahu seberapa dalamnya. Hindari melewati genangan air besar dan carilah rute alternatif jika memungkinkan. Genangan air bisa menyebabkan aquaplaning, di mana ban kehilangan traksi dengan permukaan jalan.

7. Perhatikan Garis Marka Jalan

Garis marka jalan bisa menjadi licin saat basah. Hindari mengendarai di atas garis marka jalan yang baru saja diwarnai atau di atas zebra cross. Fokuslah pada bagian tengah jalur yang lebih aman.

BACA JUGA:Apa Itu Genosida? Inilah 7 Genosida Besar dalam Sejarah yang Mengguncang Dunia!

8. Perhatikan Kondisi Jalan dan Lingkungan Sekitar

Selalu perhatikan kondisi jalan dan lingkungan sekitar Anda. Hindari daerah yang rawan banjir atau longsor, dan berhati-hatilah dengan kendaraan lain yang mungkin kehilangan kendali akibat kondisi jalan yang licin.

9. Berhati-hati Saat Memasuki Tikungan dan Turunan

Ketika melibas tikungan atau turunan, perhatikan kecepatan Anda. Kurangi kecepatan sebelum memasuki tikungan dan hindari pengereman tiba-tiba, karena bisa menyebabkan selip. Gunakan rem dengan hati-hati dan perlahan agar tetap dapat mengendalikan motor.

10. Jangan Panik Jika Terjadi Selip

Meskipun telah mengambil semua tindakan pencegahan, tetap mungkin mengalami selip. Jangan panik jika itu terjadi. Tetap tenang, kurangi kecepatan secara perlahan, dan hindari gerakan yang tiba-tiba. Ini membantu Anda mengendalikan motor dan mengurangi risiko kecelakaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber