Harga BBM Dunia Naik, Pertamina Tidak Naikan Harga BBM

Harga BBM Dunia Naik, Pertamina Tidak Naikan Harga BBM

Harga BBM Dunia Naik, Pertamina Tidak Naikan Harga BBM --Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Dalam menghadapi tren kenaikan harga minyak mentah global dan perubahan kurs pada bulan Februari 2024. 

PT Pertamina (Persero) memastikan bahwa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk semua jenis BBM Umum atau Non Subsidi tidak akan mengalami kenaikan. PT Pertamina tetap mempertahankan harga bahan bakar minyak (BBM) di tengah meningkatnya harga minyak mentah dunia.

Sementara itu, operator lain di dalam negeri, seperti Shell, Vivo, dan BP, secara serentak menaikkan harga produk mereka, sehingga saat ini BBM Pertamina menjadi yang termurah di antara semua operator.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Tauhid Ahmad menyatakan bahwa keputusan Pertamina ini tepat.

BACA JUGA:Rekomendasi Dispenser Murah untuk Beras, Pilihan Terbaik Tempat Wadah Penyimpanan Beras Otomatis

Dengan tidak mengikuti tren kenaikan harga, menurut Tauhid, Pertamina menunjukkan perannya sebagai BUMN yang bertanggung jawab dalam menjaga stabilitas dan daya beli masyarakat. Selain itu, ini juga mencerminkan keadaan keuangan Pertamina yang kuat. 

Tauhid menilai bahwa Pertamina mampu mempertahankan harga meski harga minyak dunia terus meroket. Menurut Tauhid, Keputusan tersebut sesuai dengan kondisi saat ini, dan saat ini keuangan Pertamina masih kokoh. Jadi, tidak ada alasan untuk khawatir.

Menurut Tauhid, Pertamina pasti melakukan perhitungan yang cermat. Review harga BBM setiap tiga bulan didasarkan pada rata-rata harga tertimbang.

Selain itu, efisiensi di Pertamina juga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan sehingga biaya produksi dapat dikurangi, menghasilkan BBM yang kompetitif.

BACA JUGA:Motor Cruiser QJ Motor SRV 600V 2024, Menyelami Gaya Neo Retro dengan Performa yang Bersaing

“Fluktuasi harga minyak dunia sangat cepat. Namun, jika misalnya tren review harga minyak dunia naik setiap tiga bulan, tidak otomatis mengakibatkan kenaikan harga di dalam negeri.

Jadi, menurut saya, Pertamina juga telah menghitung dampak fiskalnya," jelas Tauhid.

Pada akhir pekan lalu, semua operator SPBU meningkatkan harga BBM, dipicu oleh tren kenaikan harga minyak dunia. Namun pertamina tidak menaikan harga BBM. 

Berdasarkan Kepmen ESDM No.245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai revisi atas Kepmen No 62/K/12/MEM/2020 tentang Formulasi Harga JBU atau BBM Non Subsidi, mulai 1 Februari 2024, operator hilir Migas telah menyesuaikan harga BBM di SPBU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber