Yuk, Kenali Ragam Rambu dan Maknanya yang Tersembunyi

 Yuk, Kenali Ragam Rambu dan Maknanya yang Tersembunyi

Yuk, Kenali Ragam Rambu dan Maknanya yang Tersembunyi-malam_tao-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Saat Anda mengemudi, Anda harus berbagi jalan dengan pecinta otomotif Anda dan pengguna jalan lainnya. Hal ini untuk menjamin pengalaman berkendara yang lancar bagi seluruh pengguna jalan. Rambu lalu lintas dirancang untuk menjaga keselamatan semua pengguna jalan.

Ada banyak jenis rambu jalan yang dipasang di jalan raya, dan masing-masing memiliki arti berbeda. Tahukah Anda macam-macam rambu lalu lintas dan artinya? Jika tidak, Anda berada di tempat yang tepat.

Biasanya Anda akan melihat banyak gambar pada rambu jalan. Selain gambar, terdapat simbol yang hanya berisi huruf, angka, dan kalimat. Tampaknya merek mobil di Indonesia terbagi menjadi beberapa kelompok.

Kelompok-kelompok ini diklasifikasikan menurut makna masing-masing simbol. Ada yang menampilkan peringatan, larangan, perintah bahkan instruksi. Mari kita pelajari tentang rambu-rambu jalan dan artinya di bawah ini.

BACA JUGA:Pesona Alam yang Memukau, Jelajahi Keindahan 8 Air Terjun Tersembunyi di Indonesia yang Harus Anda Sambangi!

Mengenal Rambu Lalu Lintas dan Artinya bagi Pengguna Jalan

Mengenal rambu lalu lintas dan maknanya bagi pengguna jalan, selanjutnya jenis rambu dibagi menjadi beberapa kelompok, mulai dari rambu, huruf, dan gambar berwarna, yang mempunyai makna yang telah ditetapkan. Lihat pembahasannya dibawah ini.

Rambu Peringatan

Kelompok rambu lalu lintas yang pertama adalah rambu peringatan. Rambu peringatan memperingatkan pengguna jalan akan potensi bahaya. Jika Anda melihat rambu peringatan di jalan, sebaiknya waspada dan bersiap menghadapi jalan yang tidak aman.

Logo jenis ini dikenali dari warna utama yang digunakan yaitu kuning dengan huruf dan simbol berwarna hitam. Selain itu juga terdapat gambar rambu jalan seperti rambu penunjuk arah. Berikut beberapa contoh rambu peringatan lalu lintas dan artinya:

1. Sinyal belok kiri

Sinyal 1A ini memiliki warna dasar kuning dan berbentuk berlian dengan simbol panah di sisi kiri. Jalan biasanya berbelok ke kiri. Family Auto mendeteksi sinyal belok kiri ini di lampu merah.


Yuk, Kenali Ragam Rambu dan Maknanya yang Tersembunyi-freepik-freepik

Pengemudi kini tidak bisa langsung berbelok ke kiri saat lampu merah menyala kecuali ada rambu yang menunjukkan demikian. Jika tidak ada rambu tambahan, maka harus parkir di jalur kiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber