Passkey WhatsApp Kini Tersedia di IPhone, Berikut Cara Kerjanya

Passkey WhatsApp Kini Tersedia di IPhone, Berikut Cara Kerjanya

Passkey WhatsApp kini tersedia di iPhone--Foto : Freepik.com/freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- WhatsApp akan memperluas langkah-langkah keamanannya dengan memperkenalkan fitur passkey untuk pengguna iPhone.

Langkah ini tidak hanya akan memperkuat keamanan pengguna tetapi juga menyederhanakan proses login dengan menggantikan kode tradisional 6 digit dengan metode biometrik atau pengenalan wajah.

Passkey menjadi salah satu pilihan keamanan yang menonjol di berbagai situs web dan aplikasi. Banyak raksasa teknologi, seperti Google dan Meta, mendorong penggunanya untuk mengaktifkan passkey untuk melindungi dan menjaga akun online mereka.

Meta bahkan memperkenalkan passkey untuk pengguna WhatsApp Android tahun lalu. Sekarang, WhatsApp dilaporkan memperluas ketersediaan fitur ini dan akan segera memungkinkan pengguna iPhone untuk menyiapkan passkey untuk aplikasi.

BACA JUGA:10 Peraturan Lalu Lintas Beserta Sanksinya

Menurut WABetaInfo, WhatsApp sedang mengerjakan fitur passkey untuk aplikasi iOS untuk verifikasi akun, dan akan tersedia dalam pembaruan mendatang.

Laporan tersebut membagikan tangkapan layar dari WhatsApp beta untuk iOS 24.2.10.73, yang tersedia di aplikasi TestFlight untuk menguji fitur-fitur.

Tangkapan layar tersebut menunjukkan bahwa WhatsApp sedang dalam proses pengembangan bagian baru di mana pengguna akan dapat mengonfigurasi passkey mereka sendiri di masa depan.

Konfigurasi passkey ini akan meningkatkan proses login, menghilangkan kebutuhan akan kode 6 digit untuk mengakses akun.

BACA JUGA:Mengungkap Kebenaran di Balik Mitos Konsumsi Buah Saat Kehamilan

Setelah mengonfigurasi passkey, pengguna akan dapat masuk ke akun mereka dengan menggunakan metode otentikasi yang sudah ada, seperti Face ID, Touch ID, atau kode sandi perangkat.

Passkey adalah fitur yang memungkinkan pengguna masuk ke akun mereka tanpa harus memasukkan kode 6 digit setiap kali. Ini menggunakan teknologi yang aman yang dikembangkan oleh FIDO Alliance, bekerja sama dengan Apple, Google, dan Microsoft.

Ini memungkinkan pengguna untuk mengautentikasi diri dengan metode biometrik atau pengenalan wajah, daripada menggunakan kata sandi.

Ini membuat proses login lebih nyaman dan intuitif, karena pengguna tidak perlu mengingat atau mengetik kata sandi. Pengguna dapat memutuskan apakah akan menggunakan fitur passkeys di WhatsApp atau tidak, karena itu bersifat opsional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber