Masjid Jamik Sungai Lumpur Masih Mempertahankan Arsitektur dan Interior Lama

Masjid Jamik Sungai Lumpur Masih Mempertahankan Arsitektur dan Interior Lama

Keaslian interior Masjid Jamik Sungai Lumpur di Kelurahan 11 Ulu Palembang masih dipertahankan.-Irawan -PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Menjadi pusat penyebaran Islam, di Kota PALEMBANG berdiri banyak masjid tua nan bersejarah. Salah satunya masjid Jamik Sungai Lumpur di Kelurahan 11 Ulu Kecamatan Seberang Ulu II. Meski telah berusia hampir 150 tahun, masjid ini masih kokoh berdiri dan terjaga keasliannya.

Masjid Jamik Sungai Lumpur 11 Ulu dibangun pada tahun 1872 Masehi atau bertepatan dengan 1289 Hijriah oleh ulama Palembang Habib Abdullah bin Salim Alkaff.

Arsitektur, interior dan eksterior Masjid Jamik Sungai Lumpur 11 Ulu mirip dengan masjid lainnya di Palembang dengan perpaduan gaya Tiongkok dan Nusantara. Atap masjid berbentuk limas dengan hiasan tanduk serta mustaka di puncak kubah utama. Sementara di sebelah atap juga terdapat menara dari kayu yang digunakan untuk mengumandangkan azan.

Pada interiornya, Masjid Jamik Sungai Lumpur 11 Ulu ditopang 16 tiang berbahan kayu tembesu. Sebanyak empat tiang di antaranya merupakan soko guru utama. Keunikan lainnya juga terdapat pada bagian mimbar masjid yang berhiaskan ukiran khas Palembang.

BACA JUGA:Bibit-bibit Baru Mulai Unjuk Kebolehan di Audisi Presenter PALTV 2023

BACA JUGA:Polrestabes Palembang Grebek Gudang Penimbunan dan Pengoplosan Minyak Solar


Arsitektur menara kayu Masjid Jamik Sungai Lumpur di Kelurahan 11 Ulu Kota Palembang bergaya Tiongkok dan Nusantara.-Irawan -PALTV

Inisiatif pembangunan Masjid Jamik Sungai Lumpur 11 Ulu didasari keprihatinan Habib Abdullah bin Salim Alkaff. Di masa itu di kawasan Palembang Ulu, hanya sedikit masjid yang mampu menampung jemaah cukup banyak. Jaraknya pun cukup jauh dari pemukiman warga. Habib Abdullah lantas membangun Masjid Jamik Sungai Lumpur untuk kepentingan dakwah. Saat ini bangunan masjid sudah dilakukan perluasan sehingga mampu menampung lebih banyak jemaah.


Awab bin Hasan, Ketua Harian Pengurus Masjid Jamik Sungai Lumpur 11 Ulu Palembang.-Irawan -PALTV

“Sangat penting kalau untuk Seberang Ulu ini. Kalau dahulu memang kawasan dari mulai Kelurahan 7 Ulu ke sini sampai 14 Ulu itu ya belum ada masjid. Ya alhamdulillah seluruh masyarakat itu salat Jum’at di sini,” terang Awab bin Hasan, Ketua Harian Pengurus Masjid Jamik Sungai Lumpur 11 Ulu Palembang.


Masjid Jamik Sungai Lumpur di Kelurahan 11 Ulu Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.-Irawan -PALTV

Dengan ruang cukup luas, Masjid Jamik Sungai Lumpur 11 Ulu bisa menampung hingga 3.000 jemaah. Karena nilai budaya dan sejarahnya, Masjid Jamik Sungai Lumpur 11 Ulu ini telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv