Vladimir Putin Akan Kunjungi Korea Utara: Membangun Kembali Hubungan Strategis dan Solidaritas

Vladimir Putin Akan Kunjungi Korea Utara: Membangun Kembali Hubungan  Strategis dan Solidaritas

Vladimir Putin Akan Kunjungi Korea Utara: Membangun Kembali Hubungan Strategis dan Solidaritas--

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyatakan kesediaannya untuk segera mengunjungi Pyongyang, ibu kota Korea Utara.

Laporan dari kantor berita pemerintah Korea Utara, KCNA, yang dirilis pada Minggu, 21 Januari 2024, mengungkapkan bahwa kesediaan ini disampaikan oleh Putin dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara, Choe Son Hui, selama kunjungannya ke Rusia pekan lalu.

KCNA, yang mengutip kantor asisten menteri luar negeri Korea Utara, melaporkan bahwa Putin juga mengucapkan terima kasih kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, atas undangan untuk berkunjung ke Pyongyang.

Pernyataan dari kantor kementerian luar negeri Korea Utara mengatakan, "Presiden Putin sekali lagi mengucapkan banyak-banayak terima kasih atas undangan dari Presiden Kim Jong Un agar dapat mengunjungi Pyongyang, korea utara.

BACA JUGA:Makin Gahar, Ini 5 Motor Retro Baru 2024 Bergaya Vintage Klasik Yang Pas Di Kantong

Pada waktu yang telah ditentukan oleh kedua belah pihak dan menyatakan kesanggupannya untuk berkunjung ke DPRK (Republik Demokratik Rakyat Korea) dalam waktu dekat."


Vladimir Putin Akan Kunjungi Korea Utara: Membangun Kembali Hubungan Strategis dan Solidaritas--

Jika kunjungan tersebut terealisasi, ini akan menjadi perjalanan pertama Putin ke Korea Utara dalam lebih dari dua dekade.

Terakhir kali, Putin mengunjungi Pyongyang pada Juli 2000 setelah mengambil alih kekuasaan dari Boris Yeltsin pada tahun 1999 untuk bertemu dengan Kim Jong Il, ayah dari Kim Jong Un.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, sebelumnya menyampaikan pada Senin, 15 Januari 2024, bahwa Rusia berharap kunjungan Putin ke Korea Utara atas undangan Kim Jong Un ini dapat dilakukan "di masa mendatang." Namun, belum ada tanggal yang disepakati untuk kunjungan tersebut.

BACA JUGA:Bisa Diamalkan! Tips Menghadapi Cobaan Hidup yang Berat bagi Muslim serta Memaknai Ujian dari Allah SWT

Laporan KCNA yang dirilis pada Minggu, 21 Januari 2024, menyatakan bahwa Putin berencana untuk mengunjungi Korea Utara segera, namun laporan berbahasa Inggris kemudian menuliskan bahwa Putin bersedia melakukannya sesegera mungkin.

Selama kunjungan Menteri Luar Negeri Korea Utara, Choe Son Hui, ke Rusia, keduanya menyampaikan berbagai isu, termasuk dukungan Korea Utara terhadap operasi militer di Ukraina.

Keduanya juga mengekspresikan keprihatinan serius terhadap tindakan provokatif Amerika Serikat dan sekutunya terhadap hak kedaulatan Korea Utara. Mereka sepakat untuk bekerja sama dalam menangani situasi regional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber