Catat! Ini Prediksi Puncak Kepadatan Arus Balik di Muara Enim

Catat! Ini Prediksi Puncak Kepadatan Arus Balik di Muara Enim

Kepadatan kendaraan mulai terlihat di ruas jalan di Desa Cinta Kasih, Belimbing, Muara Enim pada H+1 lebaran, Senin, 24 April 2023.-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Satlantas Polres MUARA ENIM memprediksi kepadatan arus balik mudik lebaran pada tahun ini jatuh pada H+4 atau Kamis (27/4/2023). Penumpukan kendaraan akan terjadi di Simpang Belimbing. Satlantas dan Satgas Posko Pelayanan Desa Cinta Kasih sudah bersiap untuk melayani dan menyambut arus balik mudik hingga H+7 pada tanggal 30 April 2023 mendatang.

Petugas gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Satpol-PP, Damkar, Dinas Perhubungan, dan BPBD Kabupaten Muara Enim yang bertugas di Posko Pelayanan Lebaran di Desa Cinta Kasih, Belimbing, masih berjaga guna pelayanan arus mudik lebaran.

Pada hari Senin, 24 April 2023 atau H+1 lebaran, pihak Satlantas Polres Muara Enim memprediksi puncak kepadatan arus balik lebaran pada hari Kamis (27/4/2023) atau H+4. Sedangkan kepadatan arus kendaraan akan terjadi di Simpang Belimbing, tepatnya di perlintasan rel kereta Belimbing.

Kasatlantas Polres Muara Enim AKP Suwandi telah memprediksi bahwa akan ada lonjakan atau puncak dari arus balik lebaran 2023 akan jatuh pada hari Kamis (27/4/2023) hingga Jum’at (28/4/2023) atau H+4 hingga H+5 dan akan berakhir pada H+7 yang jatuh pada tanggal 30 April 2023, sehari sebelum berakhirnya Satgas Posko Pelayanan dan Pengamanan Operasi Kerupat tahun ini.

BACA JUGA:Lebaran, Momen yang Ditunggu Para Perantau untuk Pulang Kampung

BACA JUGA:Polres OKI Amankan Paket Bahan Pil Ekstasi dari Jerman


Pos Pelayanan Lebaran Polres Muara Enim di Desa Cinta Kasih, Belimbing. Senin, 24 April 2023.-Yansyah-PALTV

Di tahun ini juga akan diprediksi adanya peningkatan arus kendaraan karena sudah tidak adanya lagi pembatasan mudik lebaran pasca COVID-19. Kondisi ini akan membuat peningkatan trafik di sejumlah titik kemacetan. Petugas Satlantas akan mengupayakan ketertiban para pengendara roda empat, untuk tidak memotong jalur agar terhindar dari kemacetan parah.

“Untuk kepadatan arus balik, diperkirakan di +4 sampai +5. Kemungkinan karena ini sudah bebas masyarakat untuk mudik, mungkin 70 sampai 80 persen,” terang Kasatlantas Polres Muara Enim AKP Suwandi.


Kasatlantas Polres Muara Enim AKP Suwandi. Senin, 24 April 2023.-Yansyah-PALTV

Selain menjaga ketertiban para pengguna kendaraan yang melintas di titik kemacetan, Satlantas juga mengimbau kepada para pemudik untuk mematuhi rambu-rambu jalan serta tidak ugal-ugalan saat berkendara di jalan.

Dengan menjaga stamina dan ketertiban di jalan akan meminimalisir kecelakaan yang bisa terjadi akibat human error saat berkendara. Keselamatan merupakan hal yang penting supaya sampai di kota tujuan dan bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv