36 Merek Motor Listrik Meluncur Tahun 2024, Tetap Ada Subsidi Pemerintah

36 Merek Motor Listrik Meluncur Tahun 2024, Tetap Ada Subsidi Pemerintah

36 Merek Motor Listrik Meluncur Tahun 2024, Tetap Ada Subsidi Pemerintah--youtube.com/@Dul Teknik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Tidak terasa kita sudah memasuki tahun 2024, di mana saat ini sudah ada lebih dari 36 merek motor listrik dengan 50 varian motor lebih yang sudah masuk ke subsidi pemerintah.

Dengan subsidi sebesar Rp1 juta per unit, tentu membuat pilihan motor listrik semakin beragam. Artinya, motor listrik ini betul-betul akan digunakan untuk bekerja, bukan sekedar sebagai gaya hidup atau hobi. 

Pertama, motor listrik yang direkomendasikan adalah Gesit G1. Gesit generasi pertama ini cocok untuk kebutuhan harian karena memberikan sensasi berkendara yang mirip dengan motor konvensional.

Penggunaan Gesit ini terasa tidak jauh berbeda, sehingga bagi yang terbiasa dengan motor konvensional, akan mudah beradaptasi. Gesit G1 juga memiliki daya yang mencukupi untuk menanjak dan torsi yang memadai.

BACA JUGA:Xiaomi SU7 Sangat Diperhitungkan Merebut Pasar Mobil Listrik Dunia

Dari segi teknologi, Gesit G1 menggunakan baterai 72 volt 20Ah lithium ion NMC dan controller dengan settingan 60 Ampere.

Meskipun spesifikasinya terbilang mepet, Gesit G1 sudah cukup untuk kebutuhan harian. Jangkauannya bisa mencapai 40-50 km, namun pastikan sesuai dengan kebutuhan harian yang hanya sekitar 40 km.

Kemudian, harga Gesit G1 setelah subsidi cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp22 juta. Meskipun stok mungkin sulit ditemukan, harapannya adalah semakin banyak stok di masa mendatang. Setelah penjualan, after-sales service juga cukup baik, dan keberadaan sparepart relatif aman.

Rekomendasi kedua adalah Polytron Fox R atau Fox S. Fox R memiliki baterai 72 volt 52 Ah, sedangkan Fox S memiliki baterai 27 Ah.

BACA JUGA:Iphone dan Samsung Minggir Dulu, Leica Mulai Serius Buat Smartphone Sendiri

Meskipun posisi riding Polytron Fox R terkadang dinilai kurang nyaman, namun motor ini memiliki keunggulan lain yang perlu dipertimbangkan.

Dari segi teknologi, Polytron Fox R menggunakan controller fotol M100 dan motor QS 3.000 watt. Jangkauannya diklaim bisa mencapai 130 km, namun faktor-faktor seperti bobot pengendara, gaya berkendara, dan kondisi jalan dapat mempengaruhi jarak tempuhnya.

Harga Polytron Fox R setelah subsidi cukup terjangkau, sekitar Rp 14 juta. Namun, perlu diperhatikan bahwa baterainya lebih baik disewa, karena harganya cukup mahal, mencapai Rp17 juta.

Polytron Fox R cocok untuk kebutuhan harian dengan mobilitas tinggi, seperti ojek online atau kurir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber