Yuk, Kenali Tanda-Tanda Stroke Ringan yang Memerlukan Perhatian Khusus

Yuk, Kenali Tanda-Tanda Stroke Ringan yang Memerlukan Perhatian Khusus

Yuk, Kenali Tanda-Tanda Stroke Ringan yang Memerlukan Perhatian Khusus-Zachary Kyra-Derksen-unsplash

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Stroke adalah suatu kondisi yang terjadi ketika suplai darah ke otak terganggu atau berkurang akibat adanya penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Tanpa  darah, otak tidak menerima oksigen atau nutrisi, dan  sel-sel di bagian tertentu otak  mati. 

Kondisi ini menyebabkan bagian tubuh yang dikendalikan oleh wilayah otak yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik.

Stroke merupakan keadaan darurat yang memerlukan penanganan segera karena sel-sel otak  mati  dalam hitungan menit. Perawatan yang cepat dan tepat dapat mengurangi tingkat kerusakan otak dan mencegah  komplikasi.

Aspek hukuman di masa muda. Risiko stroke biasanya meningkat seiring bertambahnya usia. Namun stroke masih bisa terjadi pada usia remaja. 

BACA JUGA:Bagaimana Membersihkan Karat Pada Motor? Inilah 8 Cara yang Dapat Dilakukan Serta Bahan yang Digunakan!

Berikut merupakan ciri-ciri yang terjadi pada stroke ringan  yang harus diwaspadai antara lain:

1. Saraf Bermasalah

Masalah saraf, stroke merupakan  penyakit yang mempengaruhi fungsi saraf. Bagian tubuh tertentu, seperti wajah, kaki, atau tangan, mungkin mengalami mati rasa dan kesemutan di salah satu sisi tubuh yang bisa hilang atau tidak.

Gejalanya berupa gangguan saraf kranial yang datang secara tiba-tiba, antara lain kelemahan dan/atau kelemahan pada tubuh bagian bawah, kehilangan ingatan, kesulitan berbicara, penglihatan, berbicara, dan menelan.

Kerusakan saraf permanen merupakan penyebab utama morbiditas. Fisioterapi, terapi okupasi dan terapi wicara harus dilibatkan dalam pemulihan dini pasien stroke  untuk menghindari komplikasi serius.


Yuk, Kenali Tanda-Tanda Stroke Ringan yang Memerlukan Perhatian Khusus-Nik Shuliahin-unsplash

2. Perubahan Fungsi Panca Indera

Perubahan fungsi panca indera pada stroke ringan sering kali memengaruhi kelima indera terlebih dahulu, termasuk perubahan fungsi mata, telinga, dan indra perasa.

Hilangnya kelima indera mungkin tidak terjadi secara bersamaan, namun bisa terjadi pada salah satu indera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber