3 Komponen Penting Motor Matic? Inilah Penting Diketahui Pengendara!

3 Komponen Penting Motor Matic? Inilah Penting Diketahui Pengendara!

Komponen yang Terdapat Pada Motor Matic--Foto : Instagram.com/@yamahaindonesia

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Motor matic saat ini merupakan pilihan yang menarik bagi banyak orang karena berbagai kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan.

Sama halnya seperti motor dengan transmisi manual, motor matic ini juga mempunyai banyak komponen yang terdapat di dalamnya.

Untuk mengetahui semua komponen yang terdapat pada motor matic mungkin sangatlah sulit, namun terdapat beberapa komponen pada motor matic yang perlu untuk diketahui.

Berikut ini beberapa komponen penting yang terdapat pada motor matic dan sangat perlu diketahui oleh pengendara yang menggunakannya. 

BACA JUGA:19 Part Modifikasi untuk Motor Listrik, Wajib Tahu dong

 

Komponen V-belt

V-belt merupakan komponen penting motor matic yang terdapat dalam sistem penggerak pada roda motor matic. Komponen ini sebenarnya bukan hanya terdapat pada motor matic, namun juga terdapat pada jenis motor dengan transmisi manual.

Pada kedua jenis motor tersebut, V-belt mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai bagian penghubung di antara puller bagian belakang dan pulley pada bagian depan.

V-belt ini sangat berguna pada pergerakan motor, komponen motor matic yang satu ini mempunyai masa pakai sehingga harus diganti apabila telah rusak.

BACA JUGA:Motor Listrik Yamaha E01. Solusi yamaha menciptakan baterai motor listrik dengan jarak tempuh yang jauh

Jika dilihat dari standar pabrikan pada umumnya, masa pakai dari V-belt ini yaitu berada pada kisaran penggunaan antara 20 hingga 30 ribu kilometer.

Namun, masa pakai tersebut juga dapat dipengaruhi oleh cara pemakaian dari motor matic tersebut. Bahkan penggantian bisa saja sudah perlu dilakukan lebih awal, sebelum motor tersebut mencapai jarak 20 ribu kilometer.

Selain dilihat dari jarak tempuhnya, pengendara juga dapat mengetahui kondisi dan kualitas komponen V-belt ini pada saat mengendarai motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: suzuki.co.id