4 Dampak Negatif Mencampur BBM, Jangan Sampai Menyesal!

4 Dampak Negatif Mencampur BBM, Jangan Sampai Menyesal!

4 Dampak Negatif Mencampur BBM, Jangan Sampai Menyesal!-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Mencampur bahan bakar minyak atau BBM dengan jenis yang berbeda mungkin menjadi sebuah kebiasaan umum bagi sebagian orang.

Padahal, mencampurkan jenis BBM yang berbeda untuk sebuah motor dapat menyebabkan berbagai dampak negatif terhadap sepeda motor tersebut.

Tanpa disadari mungkin terdapat banyak orang yang mencampurkan jenis BBM berbeda untuk sepeda motor milik mereka.

Mencampurkan dua jenis BBM tersebut sebenarnya memang bisa saja untuk dilakukan, hal ini karena sama-sama merupakan BBM berjenis bensin.

BACA JUGA: Kejati Sumsel Terima Tahap II Tersangka Pembobol Rekening Nasabah 2,4 Miliar Modus APK Tilang Kepolisian

Zat yang terkandung di dalamnya juga sama, sehingga tetap bisa untuk dicampurkan dalam penggunaannya.

Namun, mencampurkan BBM sebenarnya bukanlah suatu hal yang direkomendasikan, karena setiap jenis bensin tentu mempunyai perbedaan dari segi karakteristik.

Jenis BBM yang paling banyak digunakan untuk sepeda motor di Indonesia saat ini yaitu Pertamax dan Pertalite dari Pertamina.

Kedua jenis BBM tersebut banyak dipakai, namun keduanya mempunyai karakter sulfur yang berbeda. Selain itu, muatan dari kedua BBM tersebut juga berbeda, termasuk tingkat oktan yang terdapat ada di dalamnya.


4 Dampak Negatif Mencampur BBM, Jangan Sampai Menyesal!-freepik-freepik

Terdapat berbagai dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari mencampurkan BBM ini. Oleh karena itu, sebaiknya pengendara tidak mencampurkan jenis BBM yang berbeda karena akan menimbulkan dampak negatif jika melakukan hal tersebut.

Berikut ini adalah beberapa dampak negatif yang mungkin saja dapat terjadi jika pengendara mencampurkan jenis BBM yang berbeda untuk sepeda motor miliknya.

Dapat Menurunkan Kualitas Bahan Bakar

Setiap jenis BBM mempunyai karakteristik yang berbeda, sebagai contoh yakni terkait nilai oktan dari suatu bahan bakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber