Hasil Sortir dan Pelipatan KPU Muara Enim Ditemukan 740 Surat Suara DPD Rusak

Hasil Sortir dan Pelipatan KPU Muara Enim Ditemukan 740 Surat Suara DPD Rusak

Tampak masyarakat tengah sibuk melakukan pelipatan Surat Suara di gudang logistik KPU Muara Enim.-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Setelah enam hari kemarin proses pelipatan Surat Suara dan sortir, petugas KPU Muara Enim temukan 740 Surat Suara rusak.

Surat Suara yang rusak sudah dikumpulkan dan KPU Muara Enim kembali menyortir sisa Surat Suara yang belum dilipat pada Selasa, 9 Januari 2024.

740 Surat Suara yang rusak merupakan dari boks DPD RI Dapil Sumatera Selatan. Rata-rata kerusakan karena robek dan kerusakan tinta yang mengganggu pada kolom Peserta Pemilu. Selain itu, ditemukan juga Surat Suara PPWP mengalami kerusakan sebanyak 8 lembar Surat Suara.

"Di hari keenam dan hari ini (Rabu, ed.) melipat Surat Suara DPR RI Sumatera Selatan II. Dari total Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden dan Surat Suara DPD RI sudah terlipat semua," ujar Kasubag Keuangan Umum dan Logistik KPUD Kabupaten Muara Enim M Fairuzy pada hari Rabu, 10 Januari 2024.

BACA JUGA:Digugat Ortu Bayi Meninggal Usai Suntik HB0, Ini Kata Pj Walikota Palembang

Untuk angka kerusakan sendiri bisa diketahui karena Surat Suara DPD RI Dapil Sumsel sudah selesai dilipat. Termasuk Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden juga telah rampung.

Sementara yang belum diketahui untuk Surat Suara DPR RI Sumsel II karena masih dalam proses sortir dan pelipatan.

"Untuk jumlah kerusakan Surat Suara belum bisa dihitung dan sementara itu yang baru kita rekap," ungkap M Fairuzy.

Lanjutnya, untuk Surat Suara yang rusak dari jumlah sementara sudah KPU Muara Enim laporkan ke KPU Provinsi Sumsel agar bisa ditindaklanjuti.

BACA JUGA:Dinkes Palembang Bantah Bayi Meninggal Akibat Imunisasi Hb0


Salah satu warga memeriksa Surat Suara saat bertugas menyortir dan melipat Surat Suara di gudang logistik KPU Muara Enim.-Yansyah-PALTV

KPU Muara Enim akan menyusulkan laporan jumlah total kerusakan Surat Suara setelah proses sortir selesai. Laporan ini untuk persiapan KPU Sumsel agar bisa melengkapi Surat Suara sesuai DPT yang ada di wilayah Muara Enim.

Sembari menyelesaikan sortir dan pelipatan, petugas juga masih menunggu kedatangan Surat Suara DPRD Kabupaten. Tim juga terus mencari jika ada tambahan kerusakan dari Surat Suara DPR RI Sumsel II.

Selain adanya kerusakan, petugas sortir juga mendapati adanya kekurangan Surat Suara di beberapa boks, yang seharusnya 500 lembar tapi ada yang berjumlah 450 lembar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv