Walaupun Bandel, Mobil Diesel Pun Juga Perlu Dirawat Dengan Cara Ini

Walaupun Bandel, Mobil Diesel Pun Juga Perlu  Dirawat Dengan Cara Ini

Walaupun Bandel, Mobil Diesel Pun Juga Perlu Dirawat Dengan Cara Ini--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mobil diesel sangat diminati oleh masyarakat Indonesia karena dianggap mudah dirawat dan bahan bakarnya terjangkau.

Saat ini, banyak kendaraan yang telah mengadopsi teknologi mesin diesel yang semakin canggih, memberikan kenyamanan ekstra kepada pengguna.

Selain itu, mobil bermesin diesel juga terkenal karena memiliki tenaga yang besar dan tangguh. Meskipun mudah dirawat, bukan berarti mobil diesel dapat diabaikan begitu saja. Untuk semua jenis kendaraan, melakukan servis secara berkala merupakan kunci utama agar kendaraan dapat memiliki umur panjang.

Tips Merawat Mobil Diesel agar Awet

BACA JUGA:5 Cara Aman untuk Menutup Kartu Kredit dengan Ulasan Yang Mudah Dijalankan

Dilansir dari laman Mitsubishi terdapat enam hal penting untuk merawat mobil diesel agar mesinnya tetap awet dan selalu berada dalam kondisi prima.

1. Lakukan pemanasan pada mobil diesel sebelum digunakan

Sebelum mengoperasikan mobil diesel, hal pertama yang penting untuk dilakukan ialah memanaskan mesin mobil terlebih dahulu. Hal ini dilakukan dengan alasan tertentu yang perlu diperhatikan dengan seksama.

Hal ini bertujuan untuk memastikan oli dalam mesin dapat mengalir dan melumasi setiap komponen dengan optimal sebelum kendaraan digunakan.

BACA JUGA:Mandi Anggur Sempat Viral di TikTok, Ginekolog Peringatkan Hindari Risiko Kesehatan

Tidak diperlukan waktu yang berlebihan untuk memanaskan mobil diesel ini, cukup 5 hingga 10 menit dengan mesin berada dalam keadaan langsam atau idle sudah memadai.

2. Tepat memilih oli

Oli yang digunakan pada mesin diesel memiliki karakteristik yang berbeda dengan oli mobil bensin. Karena mesin diesel cenderung memiliki suhu operasi yang lebih tinggi, oli yang digunakan harus lebih kental dibandingkan dengan oli untuk mobil bensin.

Sebenarnya, memilih oli yang sesuai untuk mobil Anda tidaklah sulit. Setiap pabrikan mobil umumnya menyediakan informasi mengenai jenis oli yang cocok untuk mobil diesel Anda. Yang perlu diperhatikan adalah keaslian oli yang Anda beli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber