Penting Untuk Pergerakan Roda: Kenali Perangkat Setir dan Komponen Kemudi Mobil

Penting Untuk Pergerakan Roda: Kenali Perangkat Setir dan Komponen Kemudi Mobil

Penting Untuk Pergerakan Roda: Kenali Perangkat Setir dan Komponen Kemudi Mobil--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Setir mobil menjadi salah satu komponen krusial yang memungkinkan kendaraan roda empat bergerak dengan baik. Sejumlah komponen penting dalam sistem Setir mobil memiliki peran masing-masing.

Begitu pula posisi setir mobil yang sangat mempengaruhi pergerakan keempat roda saat berkendara. Untuk itu pengecekan seperti spooring dan balancing perlu dilakukan. Terlebih jika ada gangguan bunyi yang timbul di sekitar setir mobil.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa komponen utama, fungsi mereka, serta jenis sistem kemudi mobil yang umum digunakan.

1. Ball Joint

BACA JUGA:Motor Listrik Uwinfly T3 , Harga termurah serasa naik Vespa Matic

Salah satu komponen kunci dalam sistem setir mobil adalah ball joint. Bentuknya yang mirip bola memungkinkan fleksibilitas dan kehalusan perubahan arah roda.

Fungsi utama ball joint adalah sebagai sumbu yang mengubah sudut roda. Namun, perlindungan dengan karet penutup sangat penting untuk menjaga pelumasnya agar tetap efektif.

Cara pemeriksaan kondisi ball joint dapat dilakukan dengan mendongkrak roda dan menggoyangkannya secara vertikal. Jika terdapat goyangan, kemungkinan besar ball joint perlu diganti untuk menjaga kestabilan setir mobil.

2. Tie-Rod End

BACA JUGA:Ulasan Ini Memberikan Gambaran Antara Lampu Kuning Atau Lampu Putih Pada Kendaraan

Tie-rod end merupakan batang penerus kemudi yang memandu sudut roda dari roda kemudi. Komponen ini berperan penting dalam menjaga arah kemudi.

Pemeriksaan kondisi tie-rod end dilakukan dengan menggoyangkan roda secara horizontal. Jika terdapat gerakan bebas, kemungkinan besar tie-rod end perlu diganti untuk memastikan kontrol yang baik terhadap arah roda.

3. Steering House (Rumah Setir)

Steering house memiliki tugas utama mengubah gerakan putar kemudi menjadi gerakan vertikal, memungkinkan kendaraan berbelok ke kanan atau kiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber