Serangan Ukraina Mengguncang Rusia! Wilayah Belgorod Terkena Imbas, 20 Orang Tewas

Serangan Ukraina Mengguncang Rusia! Wilayah Belgorod Terkena Imbas, 20 Orang Tewas

Serangan Ukraina Mengguncang Rusia! Wilayah Belgorod Terkena Imbas, 20 Orang Tewas--Ukraine.ua/i

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Pada Sabtu, 30 Desember 2023, serangan Ukraina yang diduga melibatkan bom tandan mengguncang ibu kota provinsi Rusia, Belgorod. Pihak berwenang Rusia melaporkan bahwa 20 orang, termasuk dua anak-anak, tewas, dan 111 lainnya mengalami luka-luka dalam serangan yang mereka sebut sebagai serangan "tanpa pandang bulu".

Wilayah Belgorod yang berbatasan dengan utara Ukraina telah menjadi sasaran tembakan dan serangan pesawat tak berawak sepanjang tahun.

Meskipun penembakan dan serangan telah terjadi sebelumnya, skala serangan ini dianggap sebagai yang terbesar, menandai eskalasi yang mengkhawatirkan dalam konflik antara kedua negara.

Menurut sumber dekat dengan Komite Investigasi Rusia yang dikutip oleh surat kabar Kommersant, serangan itu melibatkan rudal yang ditembakkan dari beberapa peluncur roket di wilayah Kharkiv, Ukraina.

BACA JUGA: Yamaha MX King 150, Motor Bebek Dengan Gaya dan Performa yang Sporty!

Rudal ini menghantam arena skating di Cathedral Square, pusat perbelanjaan, dan bangunan tempat tinggal di pusat kota Belgorod.

Hingga saat ini, belum ada komentar resmi dari pihak berwenang di Kyiv, Ukraina.


Serangan Ukraina Mengguncang Rusia! Wilayah Belgorod Terkena Imbas, 20 Orang Tewas--Ukraine.ua/i

Namun, sumber yang tidak disebutkan namanya oleh RBC-Ukraina, outlet berita Ukraina, menyatakan bahwa serangan tersebut merupakan tanggapan terhadap pengeboman besar-besaran Rusia terhadap kota-kota Ukraina pada hari sebelumnya.

Sumber dari dinas keamanan Ukraina yang tidak disebutkan namanya, seperti dikutip oleh Ukrainska Pravda, menyalahkan penghancuran infrastruktur sipil sebagai akibat dari "tindakan tidak profesional oleh pertahanan udara Rusia, serta provokasi yang disengaja dan terencana".

BACA JUGA:6 Destinasi Wisata Tahun Baru dan Valentine dengan Kisah Gembok Cinta

Misi Rusia untuk PBB di New York menyatakan bahwa mereka telah meminta pertemuan Dewan Keamanan sebagai respons terhadap serangan ini. Ini menunjukkan eskalasi yang signifikan dalam konflik dan meningkatkan kekhawatiran akan potensi dampak kemanusiaan.

Beberapa jam setelah serangan di Belgorod, pihak berwenang Ukraina melaporkan bahwa dua rudal S-300 Rusia menghantam pusat Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina. Serangan tersebut melukai 21 orang, termasuk dua anak laki-laki berusia 16 dan 14 tahun.

Rudal tersebut mengenai Hotel Istana Kharkiv dan sebuah gedung apartemen, menyebabkan kerusakan signifikan pada institusi medis dan infrastruktur sipil lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber