Waspadalah! Virus Ebola Bisa Menyebar Lewat Cairan Tubuh

Waspadalah! Virus Ebola Bisa Menyebar Lewat Cairan Tubuh

Gejalah, Penyebab dan Bagaimana Virus Ebola Menyebar--freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Ebola adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Pada wabah sebelumnya, angka kematian berkisar antara 25% hingga 90%. Angka kematian rata-rata adalah 50%. 

Ebola adalah virus yang menyebabkan peradangan parah dan kerusakan jaringan di seluruh tubuh. 

Virus demam berdarah dikenal karena dapat menyebabkan pendarahan pada pembuluh darah kecil sehingga menimbulkan gangguan pada sistem peredaran darah tubuh dan  pendarahan internal.

Enam jenis virus berbeda telah diidentifikasi, namun hanya empat yang diketahui menyebabkan penyakit pada manusia.

BACA JUGA:Wabah Ebola di Uganda Terhenti, Masyarakat Uganda Bisa Menghirup Udara Segar

Ebola disebabkan oleh kontak langsung dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi termasuk darah, air liur, keringat, air mata, lendir, muntahan, feses, ASI, dan urin.

Penyakit ini juga bisa menular melalui sentuhan benda yang terkontaminasi cairan tubuh tersebut. Simak selengkapnya bagaimana virus Ebola merajalela di muka bumi.

1. Bagaimana virus Ebola menular?

Virus Ebola diyakini tidak menular melalui udara kecuali pasien menjalani prosedur medis yang dapat mengirimkan tetesan pernapasan ke udara, seperti memasang atau melepas selang pernapasan atau  bronkoskopi.

BACA JUGA: Virus Ebola di Indonesia: Mungkinkah?


Gejala, Penyebab dan Bagaimana Virus Ebola Menyebar--freepik

Para ahli percaya bahwa orang hanya  menularkan virus ketika mereka mulai menunjukkan gejala. Tingkat kematian akibat Ebola pada tahap awal cenderung lebih rendah dibandingkan pada tahap akhir penyakit.

2. Siapa yang berisiko terkena Ebola?

Anda berisiko jika Anda pernah berada di daerah yang orangnya pernah tertular Ebola atau pernah melakukan kontak dengan hewan pembawa virus tersebut,  terutama jika: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber