3 Fakta-Fakta Menarik Seputar Kelinci, Giginya Bisa Berevolusi?

3 Fakta-Fakta Menarik Seputar Kelinci, Giginya Bisa Berevolusi?

Fakta Menarik Seputar Gigi Kelinci -Silvana Carlos-unsplash

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kelinci dilahirkan dengan 16 gigi susu yang tanggal beberapa hari setelah lahir. gigi tersebut akan digantikan oleh 28 gigi permanen, ada yang akan segera erupsi, dan ada pula yang akan segera tumbuh pada usia kurang lebih 4 minggu. 

Gigi tetap tersebut adalah gigi  depan, gigi peniti (dua gigi kecil berbentuk peniti tepat di belakang gigi  depan yang mempertajam ujung gigi depan bawah yang berbentuk baji), dan gigi pipi di bagian belakang rahang.

Ke-28 gigi tersebut tumbuh  sepanjang hidup kelinci dengan kecepatan 1 hingga 5 milimeter per minggu. Mengunyah bahan tanaman  secara terus-menerus dan menggigit dahan serta pohon akan melemahkan gigi ini dan menambah panjangnya.

Gigi kelinci tergolong elodont karena tumbuh terus menerus tanpa akar fisik, dan hypsodont karena memiliki mahkota yang panjang.

BACA JUGA:Renovasi Teras Rumah Minimalis dan Multi fungsi: Transformasi Menjadi Hunian Modern Minimalis

Rumus gigi kelinci adalah 2(I 2/1, C 0/0, PM 3/2, M 3/3) =28. Kurangnya gigi taring menyebabkan jarak antar gigi yang panjang antara gigi seri dan geraham. 

Mulut kelinci mengalami anisognatisme, yang berarti rahang bawahnya lebih sempit  dibandingkan  rahang atas. Bahkan pada kelinci, bila jaraknya lebih besar dari 20 hingga 25 derajat,  evaluasi gigi dan prosedur perawatan gigi menjadi lebih sulit.

Bagian gigi yang terlihat di atas garis gusi disebut mahkota klinis, dan bagian yang berada di bawah permukaan disebut mahkota.

Karena pertumbuhan gigi yang terus menerus, tidak ada akar, tetapi bagian atasnya dapat muncul pertumbuhan baru.


Riko_kelinci bisa tumbuh sebesar anak balita – -Waranya Mooldee-unsplash

Kelinci mempunyai dua gigi depan yang  besar yang disebut gigi seri.   

Kedua ekor kelinci berukuran besar tersebut sebenarnya merupakan bagian dari ekor kelinci. Kelinci dewasa mempunyai enam  gigi depan. Dengan kata lain, Anda mempunyai dua gigi kecil: satu di  atas, dua di  bawah, dan dua  di belakang gigi depan atas.

Gigi kecil ini disebut gigi seri. Selain enam  gigi seri, kelinci juga mempunyai 22 gigi lainnya, termasuk gigi pipi. 12 gigi pipi atas, 10 gigi pipi  bawah. Jadi, kepala orang dewasa mempunyai total 28 gigi di  mulutnya.

Berbagai jenis gigi memiliki fungsi yang berbeda-beda 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: