Mengenal Sejarah Dan Perkembangan Sepeda Motor Pertama Kali Di Dunia

Mengenal Sejarah Dan Perkembangan Sepeda Motor Pertama Kali Di Dunia

Mengenal Sejarah Dan Perkembangan Sepeda Motor Pertama Kali Di Dunia--GridOto.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Sepeda motor merupakan pengembangan dari sepeda konvensional yang sudah terlebih dahulu ditemukan.

Pada tahun 1868, Michaux Ex Cie merupakan suatu perusahaan pertama di dunia yang sudah memproduksi sepeda dalam skala yang besar, yaitu mulai dari pengembangan mesin uap sebagai tenaga penggerak sepeda.

Lalu, pada tahun 1877, Nikolaus Otto merupakan seorang penemu yang berasal dari Negara Jerman telah berhasil membuat mesin empat langkah atau yang biasa disebut dengan mesin empat tak. Dan penemuan itu langsung dipatenkan dan dikenal dengan  OTTO Cycle Engine.

Namun, tahukah kalian, bahwa sepeda motor pertama di dunia itu ternyata diciptakan sebelum abad ke-20, yaitu dengan nama Daimler Raidwagen. Yang tentunya sepeda motor tersebut tidak sebesar dan secanggih sepeda motor yang sekarang.

BACA JUGA:KPID Sumsel Tekankan Media Konvensinal Harus Netral dan Independen di Tahun Politik 2024

Daimler Reitwagen pertama kali ditemukan oleh dua pria yang berasal dari Negara Jerman yang bernama Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach.

Kedua pria penemu ini tak hanya menciptakan mesin, tetapi juga mereka juga yang sudah mendesainnya. Sepeda motor pertama di dunia ini menggunakan bensin sebagai bahan utama penggerak mesin. 

Dan Gottlieb Daimler sendiri merupakan penemu utama dari sepeda motor pertama ini. Dan atas penemuannya itu, Daimler pun disebut sebagai bapak nya sepeda motor. Nama Raidwagen mempunyai makna atau arti mengendarai kereta atau trek tunggal.

Menaimanya dengan nama Raidwagen begitu karena kata mereka ialah sepeda motor hanya menggunakan dua yang bisa melaju di trek tunggal. 

BACA JUGA:Supercar McLaren GTS Terbaru 2024 : Tenaga Lebih Besar Bobot Lebih Ringan

Karena Daimler menjadi penemu utama dari sepeda motor pertama di dunia ini, maka saat itu ia memastikan hak paten untuk penemuannya itu secara resmi.

Daimler dan Maybach selalu mencoba dan terus melalkukan inovasi pada desain mesin, sehingga pada akhirnya mesin ini juga dipakai pula dalam konstruksi kendaraan mobil. Walaupun pada zaman itu belum ada teknologi seperti CDI, Quick Shifter, Speedometer, dan lain sebagainya.

Pada tanggal 20 November 1885, German Engineer Gottlieb Daimler Unveils The World’s First Motorcyle, Raidwagen telah melakukan perjalanan pertamanya di depan umum dengan menempuh jarak 5 km. Dan orang yang pertama kali mengendarainya yaitu putra dari Daimler itu sendiri yang bernama Paul.

Paul mengendari motor tersebut dengan kecepatan 5 sampai 12 kilometer per jam, dari Cannstatt sampai ke Unterturkheim di Stuttgart. Motor yang pertama kali diciptakan ini memiliki 0,5 tenaga kuda atau setara dengan 600 rpm dengan sebiah desain sepeda frame sepeda kayu tanpa pedal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber