Waspada Pengguna Apple: iPhone, MacBook dan Produk Apple Lainnya Berada dalam Risiko Tinggi

Waspada Pengguna Apple: iPhone, MacBook dan Produk Apple Lainnya Berada dalam Risiko Tinggi

Waspada pengguna Apple: iPhone, MacBook, dan produk Apple lainnya berada dalam risiko tinggi--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Waspada pengguna Apple: iPhone, MacBook, dan produk Apple lainnya berada dalam risiko tinggi, pembaruan mendesak diperlukan.

Peringatan keamanan dengan tingkat keparahan tinggi telah dikeluarkan oleh CERT-In untuk sejumlah kerentanan yang memengaruhi produk Apple. Jika dieksploitasi, kerentanan ini dapat memungkinkan penyerang untuk mendapatkan akses dan kontrol tidak sah terhadap perangkat.

Peringatan keamanan dengan tingkat keparahan tinggi telah dikeluarkan oleh CERT-In (Tim Tanggap Darurat Komputer India) mengenai sejumlah kerentanan yang memengaruhi berbagai produk Apple.

Menurut peringatan ini, kerentanan ini, jika dieksploitasi, dapat memungkinkan penyerang untuk mendapatkan akses tidak sah ke informasi sensitif, mengambil kontrol perangkat Anda, dan bahkan meluncurkan serangan Denial-of-Service (DoS).

BACA JUGA:Mengungkap Misteri Aksara Ulu Sumsel, Menelusuri Jejak Budaya dan Sejarah Sumatera Selatan

Peringkat keparahan organisasi pemerintah ditandai sebagai "Tinggi," menunjukkan urgensi penanganan masalah ini dengan cepat.

Apa risikonya

Menurut Informasi Darurat CERT-In CIAD-2023-0047, produk Apple mulai dari iPhone dan iPad hingga Mac dan Apple Watch rentan terhadap beberapa kelemahan keamanan.

Jika tidak diperbaiki, kerentanan ini dapat dieksploitasi oleh penyerang untuk "mengakses informasi sensitif, menjalankan kode sewenang-wenang, menghindari batasan keamanan, menyebabkan kondisi penolakan layanan (DoS), menghindari otentikasi, mendapatkan hak istimewa yang ditinggikan, dan melakukan serangan spoofing pada sistem yang ditargetkan."

BACA JUGA:Selamat Tinggal Cookies: Rencana Besar Google untuk Menghapusnya dengan Tracking Protection

Dengan kata lain, jika kerentanannya tidak diperhatikan, hacker dapat mengeksploitasi Produk Apple dan memberi mereka akses yang berlebihan untuk:

Mencuri informasi sensitif: Hacker dapat mengakses data pribadi Anda, termasuk kata sandi, kontak, foto, dan bahkan informasi keuangan.

Mengambil kontrol perangkat Anda: Pelaku jahat dapat mengambil alih perangkat Anda, menginstal malware, dan menggunakannya untuk tujuan mereka sendiri.

Mengganggu layanan: Serangan DoS dapat membanjiri perangkat Anda dengan lalu lintas, membuatnya tidak dapat digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber