Prof Yuwono: ‘Ancaman COVID-19 di Palembang Bukan Termasuk Wabah’

Prof Yuwono: ‘Ancaman COVID-19 di Palembang Bukan Termasuk Wabah’

Menurut Prof Yuwono, ancaman COVID-19 di Palembang bukan termasuk wabah, Sabtu (16/12/2023).-Hafid Zainul-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Beberapa hari terakhir ini, kasus COVID-19 muncul ke permukaan pasca pihak Dinas Kesehatan Sumatera Selatan (Dinkes Sumsel) membenarkan adanya dua warga Palembang positif COVID-19.

Hal itu tentunya membuat warga Palembang cemas dengan adanya kasus COVID-19 yang terjadi baru-baru ini.

Ditemui pada hari Sabtu, 16 Desember 2023 di kediamannya, Ahli Mikrobiologi Kedokteran Profesor Yuwono mengatakan, secara umum baik di Palembang, Sumatera Selatan, maupun di Indonesia, ancaman COVID-19 hanya sebagai endemi. Yang mana itu dikatakan bukan wabah dan bukan pula pandemi global.

Menurut Prof Yuwono, ciri-ciri COVID-19 termasuk flu, demam berdarah, dan beberapa penyakit endemis lainnya. Semua ciri-ciri tersebut memilik pola yang di mana polanya berkaitan dengan pergantian musim.

BACA JUGA:Waspada Kasus Covid-19 Melonjak! Kemenkes Instrukskan Pemda dan Faskes Siap Siaga

BACA JUGA:Kasus Covid Naik, Palembang Terus Update Perkembangannya

Seperti halnya musim silih berganti baik itu musim kemarau lalu berlanjut musim hujan, oleh karenanya angka kasus COVID-19 relatif meningkat.

Ditambahkan Prof Yuwono, dengan menjaga imunitas yang kuat dan memiliki personal hygiene diharapkan mampu menangkal COVID-19.

“Personal hygiene maksudnya diri kita bersih dan lingkungan sekitar juga bersih. Maka dengan adanya personal hygiene dan didukung imunitas yang kuat, insya’ Allah sepanjang tahun relatif akan terjaga tidak sakit,” kata Prof Yuwono, Ahli Mikrobiologi Kedokteran.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv