Goa Jepang Parangtritis Destinasi yang Layak untuk Dieksplorasi

Goa Jepang Parangtritis Destinasi yang Layak untuk Dieksplorasi

Goa Jepang Parangtritis Wisata Jogya wajib dikunjungi--Gambar: instagram/ekspedisicurug

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Tempat wisata di Jogja selalu menyimpan pesona dan keindahan yang luar biasa. Mulai dari destinasi populer hingga tempat-tempat tersembunyi yang masih alami, semuanya menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Salah satu destinasi yang layak untuk dieksplorasi adalah Goa Jepang Parangtritis, sebuah goa peninggalan sejarah yang terletak di lereng Bukit Pundong.

Goa Jepang Parangtritis terletak di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Meskipun lokasinya cukup terpencil, keindahan alam yang ditawarkan membuat perjalanan ke sana sangat sepadan.

Dari pusat Kota Jogja, wisatawan perlu menempuh perjalanan sekitar 30 kilometer atau sekitar 50 menit dengan kendaraan pribadi.

BACA JUGA:Seiko X One Piece Rilis Jam Tangan Kolaborasi Monkey D. Luffy Gear 5 Sun God Nika Edition

Akses menuju goa ini cukup menantang dengan jalan terjal, berkelok, dan sempit. Oleh karena itu, disarankan bagi wisatawan untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti motor agar lebih fleksibel dan dapat menghindari kendala aksesibilitas.

Goa Jepang Parangtritis memiliki kisah sejarah yang terkait erat dengan masa penjajahan Jepang di Indonesia selama periode 1942-1945.

Kedatangan Jepang di Indonesia terjadi setelah Amerika Serikat memberlakukan embargo minyak yang memicu kemarahan Jepang, yang kemudian menyerang Pearl Harbour secara mendadak.

Dalam upaya untuk menguasai Indonesia, Jepang membangun berbagai benteng pertahanan, termasuk goa-goa di lereng Bukit Pundong.

BACA JUGA:Konversi Sepeda Motor Listrik Honda Beat, Luar Biasa Murah Banget dan Ini Rahasianya!

Sebanyak 18 goa dibangun sebagai sistem pertahanan yang strategis. Pembangunan dilakukan dengan melubangi bebatuan di lereng bukit, dan melibatkan pekerja pribumi yang dikenal dengan kerja paksa romusha.

Goa-goa ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat pertahanan, tetapi juga sebagai tempat pertemuan, penyimpanan senjata, serta dapur bagi tentara Jepang. Kini, sisa-sisa sejarah tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin menyusuri jejak masa lalu.

Terletak di ketinggian 400-500 meter di atas permukaan laut, goa ini memberikan panorama pantai selatan yang memukau, termasuk pemandangan Pantai Parangtritis, Pantai Depok, dan Pantai Parangkusumo.

Selama berada di dalam goa, pengunjung dapat merasakan suasana lembab dan gelap yang menciptakan pengalaman mistis. Goa-goa ini saling terhubung dan memiliki jendela yang digunakan untuk meletakkan senjata serta mengintai musuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber