Bukti Mobil Hybrid Lebih Irit, Ini Hasil Tes Konsumsi BBM Nissan Kicks e-Power

Bukti Mobil Hybrid Lebih Irit, Ini Hasil Tes Konsumsi BBM Nissan Kicks e-Power

Kombinasi mesin bensin dan motor listrik di Nissan Kicks e-Power terbukti efektif--Foto : Tangkaplayar @nissan.co.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Salah satu aspek penting yang menjadi pertimbangan konsumen saat memilih mobil adalah efisiensi bahan bakar.

Dalam upaya untuk mengeksplorasi sejauh mana efisiensi mobil hybrid, Dilansir dari nissan.co.id bekerjasama detikOto telah melakukan uji coba selama beberapa hari terhadap Nissan Kicks e-Power, sebuah model yang telah mengalami facelift pada tahun 2023.

Uji coba ini melibatkan pengetesan konsumsi bahan bakar guna mengetahui seberapa irit mobil hybrid ini dalam penggunaan sehari-hari.

Sebelum membahas hasil uji coba, penting untuk memahami bahwa Nissan Kicks e-Power adalah mobil hybrid serial

BACA JUGA:Trik agar Mobil Irit Bahan Bakar! Beginilah Cara Benar Menghitung Konsumsi BBM

Artinya, mesin bensinnya bertanggung jawab untuk menyuplai tenaga ke motor listrik sekaligus mengisi ulang baterai, sementara roda dipacu langsung oleh motor listrik.

Mobil ini menggunakan mesin bensin HR12 berkapasitas 1.198 cc dan 3 silinder, yang sama dengan yang digunakan oleh Nissan March.

Mesin bensin ini mengklaim tenaga sebesar 82 PS pada 6.000 RPM dan torsi sebesar 103 Nm dalam rentang 3.600-5.200 RPM.

Kehadiran mesin bensin ini dipadukan dengan motor listrik synchronous berkode EM47, dengan tenaga sebesar 136 PS dalam rentang 4.000-8.992 RPM dan torsi sebesar 280 Nm dalam rentang 500-3.008 RPM.

BACA JUGA:Strategi Kreatif Bisnis Properti Restoran Cepat Saji McD: Perjalanan Bisnis McDonald's dan Kegemilangan

Kombinasi mesin bensin dan motor listrik di Nissan Kicks e-Power terbukti efektif dalam mentransfer tenaga ke roda.

Karakteristik penyaluran tenaga ini mirip dengan mobil listrik murni, dengan respon yang instan dan gerakan yang hening. Torsi yang dapat keluar secara instan memberikan pengalaman mengemudi yang lincah dan bertenaga.

Pada uji coba di rute harian di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 25 km per jam, Nissan Kicks e-Power mencapai konsumsi BBM rata-rata sebesar 19,6 km per liter.

Sementara itu, di rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 km per jam, konsumsi BBM rata-ratanya adalah 18,3 km per liter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nissan.co.id