Keindahan dan Kekayaan Kayu di Indonesia, Memahami Nilai Lebih dari Kayu Termagandang

Keindahan dan Kekayaan Kayu di Indonesia, Memahami Nilai Lebih dari Kayu Termagandang

Keindahan dan kekayaan kayu di Indonesia, memahami nilai lebih dari kayu Termagandang.--instagram.com/@emerald_agarwoodstore

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Indonesia, sebagai negara kepulauan yang kaya akan keanekaragaman hayati, juga memiliki kekayaan alam yang tak ternilai harganya, termasuk dalam bidang kehutanan.

Salah satu kekayaan alam yang sangat bernilai dan diakui secara internasional adalah kayu. Di antara berbagai jenis kayu yang ada, beberapa di antaranya memiliki nilai ekonomi yang tinggi, menjadikannya kayu termahal di Indonesia.

Tentu segelintir orang belum mengetahui kayu apa saja yang nilai jualnya sangat tinggi di Indonesia, dari pada kita penasaran, lebih baik simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Mengutip dari sopobolon.com, berkut ini beberapa kayu termahal di Indonesia:

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Kayu Dibuat Menjadi Kerajinan: Sentuhan Alami yang Penting dalam Kehidupan Kontemporer

1. Kayu Merbau: Keindahan yang Kekal dan Mahal

Salah satu kayu termahal yang dapat ditemukan di Indonesia adalah kayu merbau (Intsia spp). Kayu ini tidak hanya dikenal karena kekuatan dan daya tahan terhadap serangga, tetapi juga karena keindahan serat kayunya yang unik.

Warna merah kecokelatan yang khas membuat kayu merbau menjadi pilihan utama untuk furnitur dan lantai kayu yang eksklusif.

Keindahan kayu merbau tidak hanya terbatas pada tampilan luar. Kekuatan dan ketahanan terhadap cuaca ekstrem membuatnya sangat dihargai dalam pembuatan kapal, pintu, jendela, dan elemen arsitektur lainnya.

BACA JUGA:Merancang Hunian Idaman: Panduan Penting Membangun Rumah Kayu yang Perlu Anda Ketahui


Kayu Merbau.--instagram.com/@courtina_style

Namun, kelangkaan dan tingginya permintaan internasional telah membuat harga kayu merbau melambung tinggi.

Eksploitasi yang tidak terkendali terhadap kayu merbau juga menimbulkan kekhawatiran terhadap praktik penebangan liar dan deforestasi yang dapat berdampak negatif pada lingkungan.

Oleh karena itu, perlu adanya upaya konservasi dan pengelolaan yang bijaksana untuk memastikan keberlanjutan eksploitasi kayu merbau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber