Mengapa Malam Lailatul Qadar Lebih Baik dari Seribu Bulan dan Apa Keutamaannya?

Mengapa Malam Lailatul Qadar Lebih Baik dari Seribu Bulan dan Apa Keutamaannya?

Malam Lailatul Qadar pada umumnya digunakan oleh umat Islam untuk melakukan ibadah, karena malam tersebut adalah malam yang sangat mulia.-erickromansyah9-pixabay.com/erickromansyah9

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang lebih baik daripada seribu bulan. Maksudnya di sini adalah untuk menemukan bulan yang suci dalam satu tahun hanya dapat bertemu sebanyak satu kali dan menjadi incaran oleh seluruh umat muslim dari zaman nabi hingga sekarang.

Banyak sekali pendapat para ulama yang berkaitan dengan malam Lailatul Qadar ini. Namun, ulama sepakat bahwa malam Lailatul Qadar ini pada umumnya digunakan oleh umat muslim untuk melakukan ibadah, karena malam tersebut adalah malam yang sangat mulia. Dalam firman Allah di dalam Al-Qur’an juga telah dijelaskan yang isinya “Malam kemuliaan (Lailatul Qadar) itu lebih dari seribu bulan”.

Biasanya malam Lailatul Qadar ini terjadi pada fase ke-21 hari puasa atau sepuluh malam terakhir sebelum hari raya Idul Fitri. Umat muslim melakukan ibadah dengan berlomba-lomba pada malam itu, sehingga membuat amalan yang dilakukan menjadi maksimal serta berharap pahala yang berlipat ganda.

Mengutip dari orbitindonesia.com, ada beberapa keutamaan yang terjadi dalam fenomena malam Lailatul Qadar ini:

BACA JUGA:Pengaruh dan Dampak Media Sosial Terhadap Anak Remaja Masa Sekarang

BACA JUGA:Agar Kebagian Kue Lebaran, Konsumen Pesan dari Jauh Hari

  1. Pada malam itu, telah terjadi fenomena turunnya Al-Qur’an secara serentak di Lauhul Mahfudz menuju Baitul Izzah 
  2. Bertepatan dengan fenomena Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu pertama di Gua Hira, serta menjadi pertanda diangkatnya Beliau sebagai Nabi dan turunnya Al-Qur’an kepada Nabi allah Muhammad SAW.
  3. Malam yang baik dari seribu bulan (QS. Al-Qadr). Saat menafsirkan ayat dari surah ini Syekh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir menjelaskan bahwa amal kebaikan pada malam Lailatul Qadar lebih baik dari pada amal seribu bulan tanpa Lailatul Qadar.
  4. Inilah firman Allah dalam surat Ad Dukhan ayat 3: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya pada malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan.”
  5. Penentuan semua urusan. “Malam itu malaikat dan malaikat Jibril turun dengan izin Allah untuk mengatur segala sesuatu” (QS. Al Qadr: 4).

BACA JUGA:Mudik Lebaran, Penumpang Kereta Api Wajib Vaksin Booster Covid-19

BACA JUGA:Meraih Keberkahan dengan Al-Qur’an Time Ramadhan Kareem

Mengutip dari berbagai sumber, ada beberapa amalan-amalan yang baik dilakukan pada malam Lailatul Qadar: 

  1. Beriktikaf di masjid selama sepuluh hari terakhir bulan ramadan menjadi incaran pertama para umat islam yang taat dan ingin mendapati keberkahan di bulan istimewa dari seribu bulan.
  2. Melakukan salat malam atau tahajud. Salat malam adalah salat yang istimewa dilakukan pada hari biasa. Nah, tentu tidak heran kalau menjadi amalan di bulan yang istimewa dari seribu bulan ini.
  3. Lakukan salat taubat dengan khusyuk. Mengingat kita adalah manusia yang tak luput dari dosa, maka bertaubatlah dengan taubattan nassuha pada malam itu serta malam lainnya. 
  4. Perbanyak membaca kitab suci Al-Qur’an.

BACA JUGA:Bocah Desa Panang Jaya Tambal Jalan Lintas dari Sisihkan Uang Saku

BACA JUGA:Kenaikan Gaji Ketua RT dan RW Tertunda, Kepala BKAD Jelaskan Kondisi Keuangan OKU

Mungkin itu saja amalan dan keistimewaan pada malam Lailatul Qadar ini. Semoga kita termasuk kedalam golongan orang yang berlomba mencari keberkahan tersebut pada Ramadan tahun 2023 ini, yaitu Ramadan 1444 Hijriah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber