Fitur Terbaru QRIS: Tarik Tunai dan Terima Bantuan Sosial

Fitur Terbaru QRIS: Tarik Tunai dan Terima Bantuan Sosial

Fitur Terbaru QRIS: Tarik Tunai dan Terima Bantuan Sosial--freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bank Indonesia (BI) kini melengkapi fitur pada Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dengan penambahan kemampuan baru.

QRIS tidak hanya berfungsi untuk pembayaran, melainkan juga dapat digunakan untuk tarik tunai, setor tunai, dan transfer dana.

Arya Rangga Yogasati, Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, menyampaikan bahwa inovasi terbaru ini memberikan manfaat yang luas, terutama bagi masyarakat di wilayah terpencil atau terluar yang sulit mengakses layanan perbankan konvensional.

Dengan adanya fitur baru ini, diharapkan pelayanan pembayaran dapat diperluas, mencakup berbagai lapisan masyarakat.

BACA JUGA:Pengrajin Aluminium Prabumulih Lebarkan Sayap Hingga ke Lampung

"Inklusi ini penting karena dapat digunakan oleh masyarakat yang tinggal di lokasi terpencil, dengan jarak mencapai 50 kilometer ke ATM atau kantor cabang bank terdekat. Dengan fitur baru ini, diharapkan implementasinya lancar dan akses semakin meluas, sehingga pelayanan pembayaran dapat mencakup masyarakat di daerah terpencil," ungkap Rangga dalam acara sosialisasi QRIS Tuntas secara virtual pada Jum’at, 8 Desember 2023.

Selain itu, Rangga menjelaskan bahwa masyarakat yang tidak memiliki rekening bank kini memiliki kesempatan untuk mengakses layanan pembayaran menggunakan akun non bank. Hal ini dapat mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi skema harga.

Rangga juga menyoroti potensi QRIS untuk mendukung program pemerintah, khususnya dalam penyaluran bantuan sosial (bansos).

Dari segi industri, kehadiran fitur baru ini dapat memperluas akses transaksi pembayaran yang disediakan oleh Penyedia Jasa Pembayaran (PJP).

BACA JUGA:OJK Bekerja Sama dengan 2 Lembaga Korea Demi Memperkuat Asuransi

Menurut Rangga, dengan perluasan layanan pembayaran ini, industri memiliki kesempatan untuk menyediakan layanan lebih banyak, yang pada akhirnya juga berkontribusi pada pertumbuhan bisnis mereka. Pemerintah berharap QRIS Tuntas ini dapat menjadi alat yang lebih efektif di masa depan.

Sebagai informasi, fitur transfer, tarik tunai, dan setor tunai antar bank saat ini baru tersedia pada aplikasi e-wallet DANA. Sementara itu, aplikasi lainnya masih dalam tahap pengembangan.

Biaya tarik tunai antar bank menggunakan QRIS Tuntas adalah Rp 6.500, sedangkan antar bank berbeda dikenai biaya Rp7.500.

Tarik tunai sesama bank melalui QRIS gratis, sedangkan melalui agen dikenai biaya Rp7.500. Biaya transfer sesama bank menggunakan QRIS gratis, sementara transfer antar bank atau non bank melalui QRIS dikenai biaya Rp2.000-Rp2.500.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber