Lemang Masih Menjadi Primadona Sebagai Menu Buka Puasa

Lemang Masih Menjadi Primadona Sebagai Menu Buka Puasa

Saat bulan Ramadan, lemang menjadi primadona dan dicari warga Muara Enim untuk menu berbuka puasa.-Yansyah-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Lemang merupakan makanan khas warga Muara Enim. Saat bulan Ramadan, Lemang menjadi primadona dan dicari warga untuk menu berbuka puasa.

Selain makanan khas, sebagian besar orang memilih lemang karena sangat cocok sebagai kudapan saat berbuka yang mengenyangkan.

Di Pasar Ramadan Terminal Muara Enim setiap menjelang berbuka, lemang diburu warga untuk menu buka puasa. Lemang tetap menjadi makanan primadona warga Muara Enim meski di tengah banyaknya makanan kekinian lainnya. Dengan harga yang murah kita bisa mendapatkan makanan lezat ini. Meski pengolahan lemang cukup repot, tidak sedikit para pedagang menjual lemang dengan harga terjangkau.

Menurut Leny Oktari harga lemang yang ia jual hanya Rp10.000 hingga Rp15.000 tergantung besar kecilnya lemang dan juga tergantung varian rasa lemang itu sendiri. Sekarang lemang dibuat dengan berbgai macam varian rasa seperti lemang ketan hitam dan ketan putih, lemang pisang, lemang duren yang menambah pilihan rasa bagi pecinta lemang.

BACA JUGA:5 Desa Terapung Nan Molek di Indonesia

BACA JUGA:Berbagai Khasiat Oyong Bagi Kesehatan Tubuh

Setiap sore di Pasar Ramadan, Leny bisa menjual 20 hingga 50 potong bambu lemang setiap harinya di bulan Ramadan. Memang lemang menjadi makanan favorit bagi warga Muara Enim. Bahkan jika kesorean, pembeli tidak bisa lagi mendapatkan lemang.

Lemang merupakan makanan berbahan baku ketan yang dipanggang menggunakan bambu utuh dan santan untuk mendapatkan citra rasa khas. Jika ingin menambahkan rasa yang berbeda tinggal mencampurkan varian rasa saat proses memasak lemang.

Untuk satu buku bambu bisa memasak hingga dua genggam beras ketan. Takaran ini disesuaikan dengan ukuran bambu yang digunakan untuk memanggang lemang. Meski banyak pilihan makanan kekinian lainnya, kelezatan lemang masih menjadi pilihan dan dicari warga sebagai menu berbuka puasa.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv