Ini Dia Hewan Purba yang Masih Hidup Sampai Saat Ini!

Ini Dia Hewan Purba yang Masih Hidup Sampai Saat Ini!

Ini Dia Hewan Purba yang Masih Hidup Sampai Saat Ini!--nationalgeographic.grid.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dengan luas bumi yang tak terhingga, bukanlah hal aneh jika manusia ada yang belum tahu apa saja makhluk yang menjadi penghuni dari bumi tersebut. Karena dari zaman dahulu, sudah banyak sekali makhluk purba yang masih hidup sampai saat ini. 

Keunikan makhluk purba membuat para peneliti menjadi tertarik mempelajari sejarah. Beberapa makhluk purba yang ditemukan banyak sudah menjadi fosil dan tulang belulang, namun siapa yang menyangka bahwa sampai saat ini masih ada beberapa makhluk purba yang masih bertahan hidup di dunia. Namun, populasi dari hewan tersebut tidak terlalu banyak hingga mengalami fase kepunahan akibat diburu terus menerus oleh manusia. 

Mengutip dari calonsarjana/youtube.com, berikut ini beberapa daftar nama hewan purbakala yang masih bertahan hidup hingga saat ini. 

1. Terrific Tuatara

Dari 60 juta tahun yang lalu reptile sudah hidup di bumi diantaranya masih bertahan hidup sampai dengan saat ini. Contohnya seperti hewan bernama Tuatara ini, penampakan hewan ini mirip dengan kadal, akibatnya banyak orang yang tidak tahu bahwa makhluk tersebut merupakan makhluk pra-sejarah.

Panjang binatang ini mencapai 80 Cm serta berat 1,3 Kg. Hewan ini hanya bisa ditemukan di Selandia Baru karena mereka hanya dapat bertahan hidup pada suhu dibawah 25 Derajat celcius. Keistimewaan hewan ini adalah adanya pola yang menyerupai mata yang berada di bagian atas dalam cangkang kepalanya. Hewan ini sangat sulit ditemukan karena aktif pada malam hari, hewan pemalu yang berburu hanya pada malam hari ini juga sekilas memiliki bentuk seperti bunglon. 

BACA JUGA:Berikut Ini Wisata Ekstrem di Dunia? Berani ke Sana?

BACA JUGA:Fitrianti Agustinda Terenyuh, Bergegas Kunjungi dan Bantu Warga Korban Pohon Kapuk Tumbang

2. Trenggiling

Hewan yang satu ini biasanya ditemukan diwilayah Afrika dan Asia. Heawan ini juga ternmasuk kedalam jenis hewan purba yang terancam punah.

Akibat diburu oleh manusia, kini populasinya tidak banyak lagi. Hewan ini termasuk ke daftar hewan yang dilindungi Negara. Biasanya manusia memburu hewan ini untuk kemudian diambil sisiknya yang mengandung keratibn agar dibuat obat-obatan dan dijual. Hewan ini juga mirip dengan Armandillo, namun lebih dahulu menginjak bumi selama lebih 30 Juta tahun lebih dahulu dari armandillo. 

3. Crusty Crab

Sejak awal ditemukan hewan purba yang diduga sudah hidup pada 450 juta tahun lalu ini tidak banyak berevolusi. Hal ini terbukti dengan ukurannya yang pada zaman dahulu berkisar 30 – 40 Cm, namun sekarang mencapai ukuran 48 Cm. uniknya hewan yang disebut dengan kepiting tapak kuda ini memiliki ekor yang bermanfaat menjadi penopang t7ubuh untuk membalik tubuhnya. Hewan ini juga termasuk daftar hewan yang terancam punah. 

4. Ikan Lamprey

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube calon sarjana