Pilkada Butuh Rp 350 Miliar

Pilkada Butuh Rp 350 Miliar

Ketua KPU Sumsel/ Amrah Muslimin-Firman Hidayat-Pal TV

 

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan, Amrah Muslimin, SE. MM., menjelaskan menjelang Pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) KPU memerlukan dana sedikitnya Rp 350 miliar. “Mulai dari tahun 2023 hingga Pilkada, diperlukan dana kurang lebih Rp 350 miliar,” ujarnya kepada PALTV.CO.ID 

Adapun dana ini peruntukkannya bagi gaji PPK, PPS, surat suara, operasional di-17 kabupaten dan kota dalam wilayah Sumatera Selatan. Lebih lanjut Amrah, menjelaskan beberapa waktu lalu untuk persiapan dana Pilkada, Bersama DPRD Provinsi Sumatera khususnya komisi I bidang pemerintahan,KPU Sumsel meminta agar kucuran dana awal Pilkada dapat segera di kucurkan. 

Dana dalam pertemuan tersebut, baik pemerintah provinsi Sumsel dan DPRD Sumsel, baru menyetujui kucuran dana senilai Rp 30 miliar. “Rencananya akan dikucurkan lagi pada tahun 2023. Namun, apakah nantinya sesuai dengan yang disetujui, atau mungkin lebih rendah kita belum tahu. Yang pasti bila dana dikucurkan Rp 30 miliar, artinya beban daerah ditahun 2024 untuk operasional Pilkada senilai Rp 320 miliar. 

Begitupun kalau dikucurkan kurang dari Rp 30 miliar, artinya beban yang harus ditanggung daerah akan lebih besar lagi. 

Sementara itu, dana untuk pileg dan pilpres, dijelaskan Amrah, dikucurkan langsung dari KPU RI. “Jadi untuk hitung-hitungannya semuanya dilakukan KPU RI. Sehingga kita hanya menerima saja. Berapa dana yang nantinya dikucurkan,” jelas Amrah singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv