Harus Tahu! Cara Mengolah Kacang-Kacangan Agar Saponin Tidak Berbahaya

Harus Tahu! Cara Mengolah Kacang-Kacangan Agar Saponin Tidak Berbahaya

Harus Tahu! Cara Mengolah Kacang-Kacangan Agar Saponin Tidak Berbahaya--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Kacang-kacangan sangat disukai banyak orang dan memiliki protein nabati yang sangat baik.

Namun tidak banyak yang tahu, ada zat yang disebut saponin di dalam kacang yang harus diolah secara khusus agar tidak berbahaya dan kacang kacangan jadi bermanfaat bagi tubuh.

Jika anda mencuci kacang kacangan biasanya akan muncul busa busa dari hasil pencucian tersebut. Nah itulah zat Saponin yang keluar dari kacang.

Apakah saponin yang ada di dalam kacang-kacangan aman dikonsumsi? Para ahli mempertimbangkannya Saponin adalah senyawa alami yang ditemukan di berbagai makanan nabati, termasuk dals.

BACA JUGA:Royal Enfield Luncurkan Edisi Khusus Shotgun 650 Motoverse dengan Fitur Aluminium

Media sosial saat ini penuh dengan perbincangan tentang bagaimana kacang-kacangan yang direndam atau dal yang dimasak, yang memiliki lapisan berbusa di atasnya, yang disebut saponin.

Mengingat ada ilmu dibalik seni memasak , penting untuk memahami lebih lanjut tentang bagaimana kacang-kacangan atau lentil kita dimasak dan harus dimasak untuk kesehatan yang optimal.

“ Saponin adalah senyawa alami yang ditemukan dalam berbagai makanan nabati, termasuk dals (kacang-kacangan atau polong-polongan).

Di dals, saponin bertindak sebagai mekanisme pertahanan alami, melindungi tanaman dari patogen dan hama.

BACA JUGA:PW DMI Sumatera Selatan Tegaskan Masjid Harus Netral Tanpa Kegiatan Politik Praktis

Meskipun saponin memiliki potensi manfaat kesehatan, saponin juga memiliki efek tertentu yang mungkin perlu dikhawatirkan,” kata Dr Shwetal Gadhavi, konsultan senior, layanan kesehatan preventif, Rumah Sakit HCG,  Ahmedabad

Dalam jumlah yang banyak, saponin melawan enzim pencernaan manusia, sehingga berpotensi menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung dan sakit perut, kata Dr Rujul Jhaveri, konsultan ginekolog, Rumah Sakit Anak NH-SRCC.

Selain itu, saponin dapat mengganggu penyerapan nutrisi seperti mineral dan protein dengan cara mengikatnya.

“Hal ini dapat berdampak pada ketersediaan hayati nutrisi penting ini, yang berpotensi menyebabkan defisiensi seiring berjalannya waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber