Gak Mau Pasaran, Colokan Charging Mobil Listrik Wuling Binguo Berbeda dengan Merk Lain

Gak Mau Pasaran, Colokan Charging Mobil Listrik Wuling Binguo Berbeda dengan Merk Lain

tipe colokan fast charging Binguo berbeda dengan standar umum SPKLU yang umumnya menggunakan tipe AA Series, --Gambar : youtube.com/@GridOto

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Wuling Binguo sebagai mobil listrik andalan dari Wuling Motors, hadir dengan keunggulan fitur pengisian daya cepat di sisi kiri kendaraan dan pengisian daya standar di sisi kanan.

Namun, perbedaan yang menonjol mobil listrik Wuling Binguo terletak pada tipe colokan fast charging yang digunakan, yaitu IEC tipe BB atau setara GB/T.

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, menegaskan bahwa meskipun aplikasi Charge In mencantumkan tipe colokan DC seperti Chademo dan CCS2, Wuling Binguo sejatinya mengadopsi standar IEC tipe BB.

Dia optimistis bahwa dalam waktu dekat, tipe colokan Wuling Binguo ini akan disesuaikan dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), memastikan ketersediaannya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

BACA JUGA:Bahaya Mengisi Oli Terlalu Banyak dan Panduan Penggantian Oli yang Tepat

Regulasi terkait tipe colokan kendaraan listrik telah diatur oleh Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI, terutama dalam Pasal 3 Ayat 4.

Pengisian daya cepat pada Binguo sesuai dengan standar IEC, yang diakui dalam SNI sebagai standar Indonesia, memberikan peluang integrasi yang luas dengan infrastruktur pengisian listrik yang umumnya menggunakan tipe AA Series.

Dian Asmahani, Brand and Marketing Director Wuling Motors, menegaskan bahwa sistem fast charging di Binguo telah diadaptasi untuk memenuhi standar nasional.

Wuling Motors juga berkomitmen untuk berkolaborasi dengan pemangku kebijakan dan mitra strategis guna memperluas infrastruktur pengisian daya. Rencananya mencakup pembangunan sekitar 100 titik pengisian daya di Indonesia hingga tahun depan.

BACA JUGA:Pentingnya Memahami Spesifikasi Listrik Rumah Sebelum Menginstal Pengisian Mobil Listrik

Meskipun tipe colokan fast charging Binguo berbeda dengan standar umum SPKLU yang umumnya menggunakan tipe AA Series, Dian yakin bahwa hal ini tidak akan menghambat minat konsumen. Berdasarkan survei dari PLN, sekitar 80 persen pengguna mobil listrik lebih memilih untuk mengisi daya di rumah.

Ini menjadi bukti komitmen serius Wuling Motors terhadap mobil listrik, tidak hanya melalui produk inovatif, tetapi juga fokus pada pengembangan infrastruktur untuk mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan ini.

Melalui langkah-langkah progresif ini, Wuling Binguo tidak hanya menjadi perwakilan kendaraan listrik yang canggih, tetapi juga berperan aktif dalam mempercepat perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Dengan integrasi standar IEC tipe BB, Binguo diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan industri kendaraan listrik di tanah air, membawa Indonesia ke arah yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber