Mengenal Bawang Hitam dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Mengenal Bawang Hitam dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Mengenal Bawang Hitam dan Manfaatnya bagi Kesehatan--news.unair.ac.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bawang yang kita tahu pada umumnya adalah Bawang putih, Bawang merah, Bawang bombay, dan Bawang pakistan. Namun, apakah kalian tahu ada Bawang yang bewarna hitam? Apakah itu Bawang hitam?

Bawang hitam merupakan bawang yang isinya berwarna hitam pekat, teksturnya pun beda dengan bawang pada umumnya. Jika bawang pada umumnya memiliki tekstur yang renyah serta berair dan memiliki bau menyengat, Bawang hitam berbeda.

Bawang hitam sendiri memiliki tekstur yang kenyal hampir menyerupai jelly dengan bau yang tidak begitu menyengat lagi. Rasanya pun sudah tidak ada lagi pedas-pedas layaknya bawang pada umumnya. Bawang hitam memiliki rasa yang manis keasam-asaman sehingga banyak orang yang menyukai bawang hitam ini.

Bawang hitam sebenarnya bukanlah bawang yang memang tumbuh berwarna hitam, melainkan sudah melewati proses fermentasi. Bawang putih yang masih segar difermentasi dengan cara disimpan pada suhu kurang lebih 60 hingga 70 derajat Celsius selama kurun waktu 30 hingga 40 hari.

BACA JUGA:Panorama Keindahan Hutan Mangrove di Probolinggo yang Memukau Mata

BACA JUGA:Keindahan Bak Surga yang Terpancar di Pulau Dewata

Selama proses fermentasi ini berlangsung, bawang akan berubah warna, berubah tekstur, bahkan berubah rasa. Namun bawang hitam memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh.

Manfaat-manfaat bawang hitam didapatkan dari kandungan senyawa bioaktif yang ada didalamnya yang memiliki sifat antioksidan seperti contohnya polifenol, alkaloid, fenol, flavonoid, dan SAC.

Proses fermentasi bawang hitam pun tidak menghilangkan berbagai macam kandungan nutrisi didalamnya sehingga pada bawang hitam masih mengandung asam amino, karbohidrat, zat besi, zinc, serat, sulfur, magnesium, fosfor, kalium, serta berbagai macam vitamin mulai dari vitamin C, B1, B2, B3, serta B6.

Pada tubuh kita, bawang hitam memiliki manfaat sebagai berikut

1. Menjaga kesehatan jantung

Sama halnya dengan bawang putih, bawang hitam pun dapat menjaga serta meningkatkan kesehatan jantung kita dengan cara menurunkan hipertensi dalam darah. Bawang hitam pula dapat menurunkan kadar kolestrol serta lemak dalam darah kita sehingga mengurangi risiko kita terkena penyakit jantung koroner.

2. Menjaga fungsi otak

Bawang hitam dapat mengurangi peradangan dalam tubuh kita. Mengonsumsi bawang hitam yang kaya akan antioksidan mampu mencegah kita dari berbagai penyakit penurunan fungsi kognitif seperti contohnya penyakit alzheimer dan penyakit parkinson.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber