Mengenal Pohon Nipah dan Manfaatnya

Mengenal Pohon Nipah dan Manfaatnya

Mengenal Pohon Nipah dan Manfaatnya--wikipedia.org

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Nipah adalah sejenis palem yang biasanya tumbuh di lingkungan hutan bakau ataupun daerah pasang-surut di wilayah tepi laut. Buah nipah merupakan salah satu buah yang termasuk ke dalam keluarga sawit yang kehidupannya terancam hampir punah di Asia tenggara. Pohon Buah nipah ini kebanyakan tumbuh subur di kawasan hutan bakau di Provinsi Jambi. 

Seluruh pohon buah nipah dapat dimanfaatkan semua seperti contohnya daun dari buah nipah yang sudah tua ini dapat digunakan sebagai atap rumah sederhana yang ketahanannya dapat mencapai tiga hingga lima tahun. Sementara daun nipah yang masih mudah bentuknya seperti janur kelapa yang dapat dianyam sehingga dapat dimanfaatkan untuk membuat dinding rumah.

Selain dinding rumah, anyaman daun nipah pula dapat dibuat menjadi tikar, tas, serta berbagai jenis aneka keranjang anyaman. Daun dari pohon buah nipah ini dapat tumbuh hingga mencapai tujuh meter dengan tangkai bunganya yang dapat mencapai satu meter. 

Tangkai daun dan pelepah dari nipah ini juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan dari kayu bakar yang baik. Untuk bagian lidinya, dapat dimanfaatkan menjadi sapu lidi, bahan anyaman, bahkan tali. Getah dari pohon buah nipah ini pula dapat dipakai sebagai bahan baku gula merah yang berasal dari nira yang dikeringkan.

BACA JUGA:Mojito Halal Cocok Dijadikan Menu Berbuka Puasa

BACA JUGA:Manfaat Daun Kunyit Bagi Kesehatan

Sementara dalam buah nipah ini mengandung antioksidan alami yang sangat tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh yang dapat mengusir serta menetralisir radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat dijadikan zat anti kanker yang alami.

Selain itu, antioksidan alami ini pula dapat mencegah atau mengruangi suatu gejala penyakit yang ada pada tubuh kita dan dapat membunuh racun berbahaya pada tubuh.

Cara kerjanya adalah menghambat reaksi peroksidasi yang berasal dari radikal bebas.Selain itu, buah nipah ini pula dapat mengobati berbagai macam penyakit mulai dari penyakit hati, gondok dan sakit tenggorokan, obat diabetes, serta dapat dijadikan penawar racun, obat penenang syaraf alami, dan mengobati sinusitis.Ekstrak dari tumbuhan nipah ini pula dapat menganggap berbagai macam penyakit diantaranya sakit tenggorokan, hingga tuberkolosis.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber