10 Tanda Jika Preon AC Mobil Anda Bocor, Cara Mengatasi Kebocoran Freon Pada Sistem Ac Mobil

10 Tanda Jika Preon AC Mobil Anda Bocor, Cara Mengatasi Kebocoran Freon Pada Sistem Ac Mobil

10 Tanda Jika Preon AC Mobil Anda Bocor, -- Foto : Freepik.com/freeefik

 

3. Bau Aneh di Dalam Mobil

Kebocoran freon seringkali dapat diidentifikasi melalui adanya bau yang tidak sedap di dalam kabin mobil. Bau ini biasanya berasal dari interaksi freon dengan minyak kompresor, menciptakan aroma yang tidak biasa. Jika Anda mencium bau aneh saat menggunakan AC mobil, segera periksa sistem AC untuk memastikan tidak ada kebocoran freon yang perlu diperbaiki.

BACA JUGA:Menguak Misteri AC Mobil yang Tak Dingin dari Debu hingga Kondensor

 

4. Bocornya Oli pada Kompresor AC

Kebocoran freon dapat mengakibatkan keluarnya minyak kompresor, yang merupakan komponen penting dalam sistem AC untuk melumasi kompresor dan mencegah gesekan berlebihan. Jika terjadi kebocoran freon, cek apakah ada tanda-tanda kebocoran minyak pada kompresor AC mobil. Bocornya minyak kompresor dapat menjadi indikasi jelas bahwa ada kebocoran freon yang perlu segera diperbaiki.

 

5. Munculnya Es di Sekitar Kompresor AC

Kelebihan kelembapan atau kebocoran freon yang signifikan dapat menyebabkan pembentukan es di sekitar kompresor AC mobil. Penurunan tekanan dalam sistem AC menyebabkan suhu di sekitar kompresor turun drastis, yang dapat menyebabkan pembekuan kelembaban udara. Jika Anda melihat adanya lapisan es di sekitar kompresor, itu menjadi tanda yang jelas bahwa ada masalah dengan sistem AC dan freon mungkin bocor.

BACA JUGA:Ssstt !!! Jarang Orang tahu, ini Tips pakai AC Mobil tapi irit BBM

 

6. Suara Berdecit atau Berdesis

Suara tidak biasa seperti berdecit atau berdesis saat AC mobil dihidupkan dapat menjadi tanda kebocoran freon. Udara atau gas freon yang mengalir melalui saluran dapat menyebabkan suara gesekan atau tekanan yang tidak normal. Jika Anda mendengar suara seperti itu, segera periksa sistem AC untuk memastikan tidak ada kebocoran freon yang perlu diperbaiki.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber