Jangan Panik, Ikuti 7 Tips Menghemat Air di Rumah Ketika PDAM Mati

Jangan Panik, Ikuti 7 Tips Menghemat Air di Rumah Ketika PDAM Mati

Jangan Panik, Ikuti 7 Tips Menghemat Air di Rumah Ketika PDAM Mati-165106-Pixabay

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Pelajari metode sederhana namun efektif untuk mengurangi konsumsi air di rumah dan berperan dalam menjaga ketersediaan air bersih secara berkelanjutan.

Periksa kebocoran pipa, daur ulang air cucian, matikan keran saat tidak digunakan, dan pilih peralatan rumah tangga yang efisien dalam penggunaan air.

Tidak hanya hemat listrik, tetapi juga penting untuk menghemat penggunaan air. Ini bukan hanya tentang mengelola pengeluaran bulanan, tetapi juga langkah untuk mendukung kelangsungan hidup makhluk di Bumi.

Menurut informasi dari situs UPTD Pengelolaan Air Bersih Kabupaten Mamuju Tengah dan PDAM Kabupaten Mamuju, berikut adalah beberapa cara praktis untuk menghemat air di rumah:

BACA JUGA:Kisah Sukses Vaksin Covid-19 AstraZeneca: Ada Sosok Ilmuwan Wanita Indonesia Terima Penghargaan Bergengsi

1. Periksa dan Perbaiki Pipa yang Bocor

Pipa yang bocor dapat menyebabkan pemborosan air dan meningkatkan tagihan air dari PDAM. Segera perbaiki kebocoran pipa agar dapat mengurangi pemborosan air.

2. Manfaatkan Kembali Air Bekas Cucian

Menggunakan kembali air bekas bukan berarti mengubah air kotor menjadi air bersih dengan bantuan filter. Namun, Anda dapat menggunakan air bekas untuk keperluan lain, seperti menyiram toilet dengan air bilasan cucian.

3. Matikan Keran saat Mencuci Tangan

Hematilah air dengan cara menutup keran saat mencuci tangan, dan bukalah kembali saat membilas.

4. Gunakan Gayung untuk Menyiram

Menekan flush toilet seringkali menghabiskan lebih banyak air dari yang diperlukan. Untuk menghemat air, gunakan gayung untuk menyiram toilet.

BACA JUGA:Smartphone Berbiaya Rendah Nokia G42 Responsif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: