Baca ini Bagi Kalian yang Suka Kerokan

Baca ini Bagi Kalian yang Suka Kerokan

Baca ini Bagi Kalian yang Suka Kerokan--dinkes.paserkab.go.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kerokan adalah salah satu jenis terapi tradisional yang dianggap ampuh dalam menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Dilakukan dengan cara menggores kulit menggunakan sebuah alat seperti uang logam, koin, ataupun kaleng seperti kaleng susu beruang, kaleng sarden. Goresannya pun dapat disesuaikan mau goresan yang panjang ataupun goresan yang pendek saja. 

Goresan ini tujuannya adalah merangsang sirkulasi mikro jaringan lunak pada tubuh sehingga dapat memperlancar peredaran darah. Oleh sebab itulah kerokan dianggap mampu meredakan masuk angin. Kerokan pula dianggap mampu mengurangi peradangan karena dapat mengurangi rasa nyeri kronis pada tubuh. Rasa nyeri yang dapat dikurangi dengan cara kerokan adalah seperti nyeri kepala migrain, nyeri leher.

Bagian tubuh yang dapat dikerok pun dapat di bagian punggung, leher, betis, hinga lengan. Kerokan juga haruslah dilakukan secara bertahap tergantung orang yang dikerok dapat menahan rasa nyeri sampai mana. Jangan mengerok terlalu kencang terutama bagi orang yang jarang dikerok dan tidak terbiasa dengan kerokan. Namun, sayangnya kerokan juga memiliki efek samping karena adanya goresan-goresan yang timbul pada saat kerokan yang sebenarnya menyebabkan pecahnya pembuluh darah kecil pada permukaan kulit yang berakhir pada memarnya kulit. 

Sebelum melakukan pengerokan, alangkah baiknya pula memperhatikan kebersihan alat yang digunakan untuk mengerok karena apabila tidak steril maka dapat menimbulkan risiko penyakit menular melalui luka apabila saat kerokan ada luka yang timbul. Cuci alat yang akan digunakan untuk mengerok minimal menggunakan air dan sabun hingga bersih.

BACA JUGA:Sang Bintang NBA Michael Jordan Memiliki Permintaan Khusus Terhadap Pembuatan Film Air

BACA JUGA:Abraham Damar Grahita Dipastikan Siap Bela Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2023

Untuk menghindari berbagai macam efek samping yang timbul akibat kerokan, kalian dapat menggunakan minyak seperti minyak bayi, minyak kelapa, minyak kayu putih, ataupun lotion guna meminimalisir adanya luka goresan pada saat proses kerokan. Untuk kalian yang baru sudah menjalankan operasi dalam jangka waktu 6 minggu terakhir, sebaiknya hindari kerokan. Bagi kalian yang memiliki riwayat gangguan pembekuan darah serta kalian ayng rutin mengonsumsi obat pengencer dara, hindari pula kerokan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber