Sering Mual Saat Liburan? Inilah Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan yang Wajib Diketahui

Sering Mual Saat Liburan? Inilah Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan yang Wajib Diketahui

Sering Mual Saat Liburan? Inilah Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan yang Wajib Diketahui--yankes.kemenkes.go.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Liburan adalah moment yang ditunggu-tunggu bagi sebagian besar orang, apalagi saat ini kita semua sedang masuk pada bulan suci umat islam yakni bulan suci Ramadhan. Pada saat bulan Ramadhan tiba, tentu saja ada sebuah moment yang tidak pernah terlewatkan tiap tahunnya yakni mudik lebaran. 

Mabuk perjalanan biasanya adalah musuh terbesar bagi sebagian orang yang akan berpergian, terutama saat mudik lebaran. Mabuk perjalanan merupakan salah satu hal yang dapat menghambat serta mengganggu kita saat akan berpergian.

Anak-anak biasanya adalah target utama dari mabuk perjalanan ini, akan tetapi tidak hanya anak-anak yang rentan mabuk saat berpergian tetapi tak jarang orang dewasa pun suka terserang mabuk perjalanan. Sebagian besar orang yang terkena mabuk perjalanan biasanya menggunakan bus, kereta, kapal, pesawat, bahkan tak jarang sebagian besar orang mabuk perjalanan meskipun memakai kendaraan pribadi.

Dampak buruk dari mabuk perjalanan ini ialah dapat mengganggu aktivitas orang yang berpergian, meskipun tidak terlalu membahayakan mabuk perjalanan ini bisa membuat perjalanan tidak menyenangkan. Adapun beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi mabuk perjalanan ini.

BACA JUGA:Panorama Keindahan Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur yang Memanjakan Mata

BACA JUGA:Tutorial Cara Menyeleksi Detail Rambut Dengan Mudah Bagi Pemula di Adobe PhotoShop

Hindari Makan Terlalu Kenyang Sebelum Berpergian

Tips untuk mengatasi mabuk perjalanan yang pertama ialah dengan menghindari makan terlalu kenyang sebelum berpergian. Mengisi perut sebelum melakukan perjalanan tentu saja menjadi kebiasaan setiap orang yang akan berpergian, namun jika dilakukan secara berlebihan tentu saja menimbulkan dampak yang kurang baik.

Hal ini dikarenakan oleh ketika perut kita terlalu kenyang kena guncangan dari kendaraan, bisa menyebabkan kita merasa pusing dan juga mual.

Sediakan Aroma Terapi

Tips untuk mengatasi mabuk perjalanan selanjutnya ialah dengan cara menyediakan aromaterapi sebelum berpergian. Minyak angin atau yang biasa kita kenal dengan istilah aromaterapi dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan juga mual karena mabuk perjalanan.

Konsumsi Permen atau Cemilan Ringan

Tips selanjutnya yang harus dilakukan untuk mengatasi atau mencegah mabuk perjalanan ialah dengan mengkonsumsi cemilan ataupun permen di dalam mobil. Walaupun disebut dengan istilah makanan ringan, makanan tersebut ternyata mempunyai fungsi yang cukup besar terutama untuk meminimalisir terjadinya mual maupun pusing saat di perjalanan.

Cemilan yang harus kalian sediakan berupa makanan manis, keripik, buah-buahan ataupun perment varian mint yang berfungsi untuk mengurangi serta mencegah rasa mual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: yankes.kemkes.go.id