Harga Cabai Meroket, Intervensi Akan Dilakukan Pemkot Palembang

Harga Cabai Meroket, Intervensi Akan Dilakukan Pemkot Palembang

Harga Cabai Meroket, Intervensi Akan Dilakukan Pemkot Palembang -Foto/Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kenaikan harga cabai menjadi salah satu pemicu utama kenaikan angka inflasi di Kota Palembang pada Oktober 2023 lalu, dimana dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, inflasi Palembang berada di angka 0,53 persen. 

Terkait hal tersebut, pada Minggu 5 November 2023, jajaran Pemerintah Kota Palembang langsung melakukan peninjauan harga komoditas di pasar Sako Palembang.

Dalam peninjauan tersebut, salah satu pedagang Imam mengatakan saat ini harga cabai masih mengalami kenaikan lebih dari 50 persen, seperti cabai merah di angka 60 ribu rupiah per kilogram, dan cabai burung saat ini dibandrol 80 ribu rupiah per kilogram. 

Padahal kedua jenis cabai ini normalnya berada di angka 20 ribu rupiah per kilogram. Tingginya harga cabai yang sudah terjadi dalam kurun waktu satu minggu ini, berdampak pada penurunan omzet hingga 60 persen. 

BACA JUGA: Ratusan Peserta Lomba Burung Kicau Rebut Piala Pangdam II Sriwijaya

“Cabe sekarang 60, 15 seperempat untuk cabe merah. Kalu cabe burungnyo 20 seperempat atau 80 ribu sekilo. Naek lebih dari 50 persenan, soalnyo kemaren tu 20 ribuan sekilonyo. Naek ini sudah seminggu la, akibatnyo omzetnyo turun sekitar 60 persen.” Terang Imam.

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa mengatakan dari peninjauan komoditas yang memengaruhi inflasi ini, harga cabai terpantau masih mengalami peningkatan di kisaran angka 72 hingga 80 ribu rupiah per kilogram. 

“kita tinjau kebutuhan pokok yang memengaruhi inflasi. Pertama harga cabai, baik itu cabai burung, cabai merah, memang ada sedikit peningkatan harga cabai, berkisar 72 samapi 80 ribu rupiah per kilogram.” Ujar Ratu Dewa.

Kenaikan harga cabai ini terjadi akibat kenaikan harga dari distributor, lantaran mayoritas cabai didatangkan dari luar kota. 

BACA JUGA:Update Ramalan12 Zodiak Hari Ini 5 November 2023, Mengulas Ramalan Cinta Hingga Warna Keberuntungan

Menyikapi kenaikan harga cabai ini, pihak Dinas Perdagangan, dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Bagian Perekonomian, serta PD Pasar sudah diminta mencarikan solusi, dan melakukan intervensi kepada produsen dan distributor agar harga cabai di Palembang bisa terkendali.

“Memang kenaikan cabai ini, dari distributornya ada kenaikan. Maka dari itu, dalam waktu dekat, kami sudah minta kepada Dinas terkait, dalam hal ini Dinas Perdagangan, Pertanian dan Ketahanan Pangan, termasuk Direktur PD Pasar, dan juga Bagian Perekonomian untuk cari solusi secepatnya.

Termasuk pasokan, dan kita ingin ada juga intervensi dari kita, sehingga haraga cabai bisa terkendali.” Tungkas, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: