Cara Mudah Ketik 'Shallallahu ‘alaihi Wassalam' di Microsoft Word

Cara Mudah Ketik 'Shallallahu ‘alaihi Wassalam' di Microsoft Word

Cara Mudah Ketik “Shallallahu ‘alaihi Wasallam” di Microsoft Word--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - “Shallallahu ‘alaihi Wassalam” atau disebut juga sebagai sholawat merupakan kalimat baik yang sepatutnya kita ucapkan ketika mendengar kata Rasulullah ﷺ. Tentu hal ini juga merupakan amalan kita sebagai umat muslim untuk senantiasa bersholawat kepada baginda Rasulullah ﷺ. 

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman untuk memerintahkan kita agar selalu bersholawat kepada Rasulullah ﷺ yang artinya: 

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab ayat 56)

Dari ayat tersebut sholawat merupakan hal yang sangat dianjurkan kepada kita sebagai umat muslim. 

BACA JUGA:Waspada! Elon Musk Beri Bocoran AI Bisa Menjadi Ancaman Terbesar Bagi Umat Manusia

Nah, dalam penulisannya pada bahasa Indonesia, kita kerap kali menyingkat bacaan sholawat itu dengan singkatan SAW. 

Kita juga kerap kali menggunakan singkatan tersebut agar dapat menghindari kekhilafan dalam penulisan sholawat “Shallallahu ‘alaihi Wasallam”. Apa lagi jika penulis tidak begitu mengetahui bagaimana bentuk tulisan sholawat itu secara lengkap.

Tidak jarang pula kita menyingkat kata sholawat dengan SAW agar tidak panjang dalam sebuah tulisan maupun sebuah ketikan. 

Sholawat atau bisa dituliskan dalam huruf arab seperti ini صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

BACA JUGA:Inilah 5 Sponsor Jersey Sepak Bola Termahal di Dunia

Terkandung ibadah dan pahala yang amat besar, sebab Allah sendiri lah yang memerintahkan kita. Oleh karena itu, mulai saat ini sebaiknya kita menulis kan ucapan sholawat kepada Rasululllah Shallallahu ‘alaihi wassalam secara lengkap tanda disingkat. 

Dalam tulisan ini penulis akan membagikan bagaimana caranya agar kita dapat mengetikan kalimat sholawat di Microsoft Word tanpa disingkat namun tetap tidak memperpanjang ketikan yang kita buat. 

Hal ini dapat kita lalukan dengan membubuhkan karakter sholawat (ﷺ) di Microsoft Word. Tentunya karakter ini dituliskan dengan huruf arab yang lengkap. 

Berikut kode shorcut yang dapat kita gunakan untuk mengetikan karakter lafadz sholawat dengan mudah. Caranya yaitu dengan mengetikan FDFA dilanjutkan pula dengan menekan tombol Alt + X.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber