Kisah Perang Badar, Ketika Ribuan Malaikat Turun Membantu Kaum Muslimin

Kisah Perang Badar, Ketika Ribuan Malaikat Turun Membantu Kaum Muslimin

Ilustrasi Perang Badar, perang di mana kaum muslimin memenangi pertempuran berkat pertolongan Allah SWT yang mengirim para malaikat.--instagram.com/@ehsaastalk

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kisah Perang Badar merupakan sejarah penting bagi umat Islam. Di mana pada saat Perang Badar tersebut, secara mengejutkan pasukan kaum muslimin yang kalah jumlah berhasil mengalahkan pasukan kafir Quraisy.

Perang Badar ini menandai pertempuran pertama antara kaum muslimin dan kaum kafir Quraisy yang terjadi pada tanggal 17 Maret 624 Masehi atau 17 Ramadhan 2 Hijriah.

Perang Badar terjadi karena kaum muslimin ingin mempertahankan dan menegakkan ajaran agama Islam. Nabi Muhammad SAW berperang melawan kaum Quraisy bukan untuk mendapatkan kekuasaan, kekayaan ataupun kesenangan, tetapi atas nama Islam.

Dikutip dari theislamicinformation.com, dalam Perang Badar, pasukan muslim yang dipimpin langsung oleh Nabi Muhammad SAW hanya berjumlah 313 orang, sementara pasukan kafir Quraisy mencapai lebih dari 1.000 orang.

BACA JUGA:Menurut Ajaran Islam, Kapan Waktu yang Tepat Membagi Warisan?

Kemenangan pasukan muslim dalam Perang Badar ini tidak lepas dari pertolongan Allah SWT yang menurunkan para Malaikat untuk membantu mengalahkan kafir Quraisy. 

Pertolongan Allah SWT dalam Perang Badar ini sungguh menjadi bukti nyata akan kuasa-Nya. Dalam Al Quran, Allah SWT telah menjanjikan pertolongan-Nya kepada kaum mukmin, seperti yang diungkapkan dalam surat Ali Imran ayat 123-125 yang artinya: 

"Sungguh Allah SWT telah menolong kamu dalam peperangan Badar, padahal kamu (ketika itu) orang-orang yang lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah SWT, supaya kamu mensyukuri-Nya. (Ingatlah), ketika kamu mengatakan kepada orang mukmin: 'Apakah tidak cukup bagi kamu Allah SWT membantu kamu dengan 3000 malaikat yang diturunkan (dari langit)?' Ya (cukup), jika kamu bersabar dan bersiap-siaga, dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolongmu dengan 5000 Malaikat yang memakai tanda. Dan Allah SWT tidak menjadikan pemberian bala bantuan itu melainkan sebagai kabar gembira bagi (kemenangan)mu, dan agar tentram hatimu karenanya. Dan kemenanganmu itu hanyalah dari Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." 

Pada Perang Badar, Allah SWT memenuhi janji-Nya dengan turunnya Malaikat-Malaikat untuk membantu pasukan Muslim dalam pertempuran ini.

BACA JUGA:Inilah Beberapa Larangan yang Patut Kamu Ketahui Ketika Berada di Masjid Nabawi


Pemandangan dari atas dataran Badr.--instagram.com/@medina.souq.co

Kisah Perang Badar ini juga disampaikan oleh Ustadz Abdul Somad di kanal youtube Ustadz Abdul Somad Official, yang menjelaskan bagaimana Nabi Muhammad SAW dan para sahabat mempersiapkan diri untuk pertempuran ini. 

Sebagai bagian dari persiapan, Rasulullah SAW dan para sahabat mencari lokasi kemah yang dekat dengan sumber air.

Mereka memilih lokasi ini agar pasukan tidak kekurangan pasokan air, karena di gurun pasir, air adalah salah satu hal yang sangat penting. Ini adalah contoh nyata dari ikhtiar atau usaha manusia untuk memenangkan pertempuran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber