Wah! Ternyata Ini Faktor Utama Pernikahan Dini di OKU Timur

Wah! Ternyata Ini Faktor Utama Pernikahan Dini di OKU Timur

Hakim Pratama Muda Pengadilan Agama Martapura M Ja'far Shiddiq mengatakan kenakalan remaja hingga hamil di luar nikah jadi faktor utama pernikahan dini di OKU Timur, Kamis (26/10/2023).-Elvandri Jefriadi-PALTV

OKU TIMUR, PALTV.CO.ID - Dari puluhan perkara pengajuan dispensasi kawin di Pengadilan Agama Martapura Kabupaten OKU TIMUR, 80 persen alasannya karena mengalami hamil di luar nikah.

Sungguh miris, bahkan di antara perkara tersebut, terdapat remaja yang masih berusia 15 tahun yang harus mengajukan dispensasi nikah karena kenakalan remaja.

Hal tersebut disampaikan Hakim Pratama Muda Pengadilan Agama Martapura M Ja’far Shiddiq saat ditemui di ruang kerjanya pada hari Kamis, 26 Oktober 2023.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, setidaknya tercatat 27 perkara pengajuan dispensasi kawin di Pengadilan Agama Martapura, terhitung sejak bulan Januari hingga bulan September tahun 2023.

BACA JUGA:OKU Kembali Menerima Penghargaan Proklim Ke-5 Kalinya dari KLHK

BACA JUGA:Presiden Joko Widodo Resmikan Spaldt Sei Selayur Palembang

Dispensasi kawin tersebut diajukan pemohon karena calon pengantin berusia di bawah 18 tahun atau masih di bawah umur.

Sangat mencengangkan, alasan pengajuan dispensasi kawin di Pengadilan Agama Martapura tahun ini mayoritas disebabkan karena telah hamil duluan.

“80 persen dari perkara dispensasi kawin yang kami tangani disebabkan karena kenakalan remaja. Di antaranya karena hamil di luar nikah atau sering disebut hamil duluan. Untuk usia termuda dari perkara dispensasi nikah yang kami tangani pada tahun ini adalah 15 tahun,” terang M Ja’far Shiddiq.

Lebih lanjut, Hakim Pratama Muda Pengadilan Agama Martapura yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta ini menuturkan, dari tahun ke tahun kenakalan remaja menjadi faktor utama penyebab terjadinya pernikahan dini di Kabupaten OKU Timur, meski secara grafik, perkara pengajuan dispensasi kawin di OKU Timur pada tahun ini menurun.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv